Tempat Penukaran Mata Uang Asing di Jogja

Bagi kalian yang akan berkunjung ke suatu negara, apalagi kunjungan ke luar negeri untuk pertama kalinya tentunya perlu mempersiapkan banyak hal mulai dari paspor, visa, tiket perjalanan, dan penginapan. Satu lagi yang tak kalah penting lagi yakni mata uang lokal sesuai yang dipakai di negara tujuan.

Mungkin ada yang mempertanyakan “Kenapa kita harus bersusah payah membawa uang dalam sesuai mata uang setempat sementara saat ini sudah tersedia kartu debit, kartu kredit, dan money changer di negara tujuan?”

Amplaz

Tidak semua bank di Indonesia memiliki cabang di negara lain. Untuk penarikan tunai dengan kartu debit tentunya harus memperhatikan kurs mata uang, biaya administrasi, dan logo ATM (PLUS/Visa/Cirrus) yang tertera. Belum lagi kalau nanti ada masalah uang yang ditarik tidak keluar atau malah kartu ATM tertelan mesin karena kesalahan sistem/pengguna.

Sementara itu, money changer di luar negeri biasanya mengenakan biaya jasa (komisi) yang lebih tinggi daripada di Indonesia dan nilai tukar yang ditawarkan bisa jadi lebih tinggi.

Nah, untuk penggunaan kartu kredit mungkin bisa untuk cadangan kalau kehabisan uang di negara lain. Sayangnya, nggak semua orang suka menggunakan kartu kredit sebagai pilihan karena sama dengan utang.

Maka dari itu, solusi yang pas sebelum bepergian ke luar negeri adalah menukarkan mata uang lokal (Rupiah) ke mata uang lokal negara tujuan. Kalau di Jogja, saya memilih untuk menukarkan uang di Mulia Money Changer yang buka di 2 tempat yakni di Lower Ground Plaza Ambarukmo (Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta) dan Inna Garuda Hotel (Jl. Malioboro No. 60 Yogyakarta).

Mulia Bumi Arta Money Changer Ambarukmo Plaza

Untuk Mulia Money Changer yang berada di Lower Ground Plaza Ambarukmo buka mulai pukul 10.00 WIB bersamaan dengan jam buka Amplaz. Cara penukaran mata uang pun cukup mudah, tinggal mengisi form isian singkat dan siapkan sejumlah uang yang akan ditukar. Mudah bukan?

Ini pilihanku, kalau kalian punya rekomendasi tempat penukaran mata uang asing dimana?

Note: Sebelum menukarkan uang, persiapkan perkiraan pengeluaran yang dibutuhkan saat berada di luar negeri.

Advertisements

2 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    kapal mabur, jaluk duite

    • amey Said:

      koe wes gede le, duitmu wes akeh *jawaban pilot e


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: