Menyusuri Pantai Terluar Indonesia di Rupat Utara – Pulau Rupat

Pulau Rupat adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Kabupaten Bengkalis, Riau. Tak heran bila pulau yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka ini memiliki potensi wisata berupa deretan pantai.

Untuk ke Pulau Rupat dapat ditempuh dengan perjalanan darat ke Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan yang ada di Dumai kemudian dilanjutkan penyeberangan menaiki kapal ke Pulau Rupat. Penyeberangan Dumai – Rupat beroperasi mulai pukul 07.30 sampai pukul 18.00 dengan jam keberangkatan setiap 1 jam sekali sehingga total ada 9 trip. Waktu tempuh penyeberangan Dumai – Rupat ataupun sebaliknya sekitar 30-45 menit.

Pelabuhan Bandar Sri Junjungan – Dumai

Dari pengalaman penyeberangan dari Dumai ke Rupat dan sebaliknya dalam masa pandemi Covid-19 terbilang cukup baik karena antar penumpang masih dapat menjaga jarak dan di dalam kapal juga disediakan hand sanitizer serta tertempel edukasi mengenai protokol kesehatan. Sayangnya, masih terlihat beberapa petugas justru tidak memakai masker.

Teman-teman traveler dapat menemukan deretan pantai salah satunya di daerah Rupat Utara (Tanjung Punak, Teluk Rhu, dan Tanjung Medang). Dari Pelabuhan Roro Tanjung Kapal Rupat menuju Rupat Utara berjarak sekitar 80 km dan memakan waktu tempuh sekitar 3-4 jam menaiki kendaraan pribadi. Waktu tempuh lebih lama dikarenakan kondisi jalan yang berlubang apalagi bila musim hujan jalanan berkubang air.

Pantai Pesona

Yang pertama kami menuju Pantai Pesona. Sepanjang perjalanan, traveler akan disuguhi pemandangan hijau berupa semak, hutan karet, hutan bakau, dan bila beruntung dapat terlihat hewan seperti monyet, burung gagak, dan burung elang.

Pulau Rupat ditinggali pertama oleh Suku Akit dan suku ini juga masih mendiami pulau hingga saat ini. Dapat terlihat di beberapa pemukiman terdapat rumah dengan kain merah diatas pintu rumah dan tertancap bendera di halaman seperti berada di zaman lain.

Pantai Pesona memiliki pantai berpasir putih yang padat dengan ombak yang besar. Bila cerah dari pantai ini dapat terlihat negara tetangga Malaysia. Begitu pula saat malam hari dapat terlihat lampu-lampu kawasan Port Dickson. Jarak dari Rupat Utara ke Port Dickson sekitar 38 km yang dapat ditempuh dengan speedboat selama 20-30 menit saja.

Pantai Tanjung Lapin

Tak jauh dari Pantai Pesona juga terdapat Pantai Tanjung Lapin. Berbeda dengan Pantai Pesona yang banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa, Pantai Tanjung Lapin terasa lebih teduh karena ditumbuhi oleh pohon cemara. Yang disayangkan dari pantai ini adalah sampah berceceran di beberapa sudut. 

Mengenai fasilitas wisata, di daerah Pantai Rupat Utara ini sudah terdapat penginapan yang dapat digunakan sebagai tempat beristirahat dan bermalam dan letaknya sangat dekat dengan bibir pantai.

Note: Tiket penyeberangan Dumai – Rupat terdiri dari

  • Tiket tanda masuk pelabuhan/terminal (kendaraan golongan IV) Rp 5.000,-
  • Tiket tanda masuk pelabuhan/terminal (penumpang) Rp 2.000,- per orang
  • Tiket kendaraan golongan IV Rp 124.250,-
  • Tiket penumpang dewasa kelas ekonomi Rp 7.425,- per orang

Leave a comment