Part 1-Lawang Sewu, Memori Jelajah Kota Semarang!

Entah apa yang menggerakkan tanganku untuk mengetik rangkaian kata, malam ini (20/03/15). Setelah melihat album jalan-jalan ke Semarang semasa kuliah. Mungkin aku rindu kebersamaan seperti ini bersama kalian terutama bersamamu, kak.😀

Lawang_Sewu_Semarang (10)

Tidak banyak yang bisa aku ingat tentang perjalanan dari Jogja ke Semarang ini. Yang jelas, ini adalah salah satu perjalanan gila serasa mengitari Jawa Tengah dalam 1 hari, ya gimana enggak, berangkat dari Jogja melewati Magelang (3 jam, 130 km) dan pulang lewat Solo (5 jam, 200 km). Kebayangkan? Jangan ditiru kalau gak mau pegel-pegel. (Note: Jalan terdekat Jogja-Semarang itu ya via Magelang.) Tapi perjalanan ini belum apa-apanya dibandingkan dengan “Tragedi 10 km” menyusuri hutan kelapa sawit di tengah malam. :p

***

Selama di Semarang, jalan-jalan ke mana aja kita? Simpang lima dong pastinya dan nggak ketinggalan ke LawangSewu. Kemudian mengitari Kawasan Kota Tua, foto-foto di deket Gereja Blenduk, dan terakhir ke Masjid Agung Semarang. *lupa urutannya yg bener dari mana ke mana, pokoknya kalau mau wisata sejarah di Kota Semarang jangan sampai kelewatan tempat-tempat tersebut.

Lawang Sewu

Lawang Sewu

Dipandu oleh saudara dari salah satu teman, kita mengitari landmark Semarang. Waktu itu, kebetulan bangunan Lawangsewu sedang direnovasi namun tetap menerima kunjungan wisatawan. Selama menyusuri bangunan bersejarah yang pernah dijadikan tempat syuting ayat-ayat cinta dan uji nyali dunia lain ini, kita didampingi seorang guide yang menjelaskan sejarah-sejarah yang berhubungan dengan Lawang Sewu.

renovasi Lawang Sewu

renovasi Lawang Sewu

renovasi Lawang Sewu

renovasi Lawang Sewu

Sedikit bahas, Lawang sewu merupakan bangunan peninggalan Belanda bergaya art deco yang dibangun sekitar tahun 1904. Pada jaman penjajahan Belanda, gedung ini pernah dijadikan sebagai kantor pusat kereta api (Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij), tak heran bila di bagian halaman depan Lawang Sewu terdapat lokomotif kereta api yang dijadikan sebagai ikon. Sedangkan pada jaman penjajahan Jepang, ruang bawah tanah di gedung ini dijadikan sebagai penjara bawah tanah. Dulu di samping gedung Lawang Sewu, juga terdapat aliran sungai dan di sungai itulah jenazah orang-orang yang dibunuh dibuang.

Menyusuri bangunan yang berpintu sangat banyak ini tak terasa sampailah di lantai paling atas, rasanya huft panas dan bikin pusing. Menurut cerita dari bapak guide, tempat ini dulunya merupakan tempat pembantaian. Konon sekarang tempat ini memiliki energi negatif paling kuat dan dihuni makhluk halus yang memiliki kekuatan besar. Sampai sekarang, saya masih ingat dengan sangat rasa pusing dan panas saat mengitari ruangan ini termasuk saat pengambilan foto ini.

katanya dulu tempat pembantaian :((

katanya dulu tempat pembantaian :((

Lawang_Sewu_Semarang (9)
Bapak guide menceritakan bahwa waktu uji nyali kru sempat meminta ijin untuk uji nyali di tempat tersebut dan lorong bawah tanah namun tidak dperbolehkan oleh juru kunci karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Diluar rasa mistis, dipikiran saya terselip kekaguman pada arsitektur dan tata ruang bangunan ini. Dimana banyak jendela dan ventilasi yang bermanfaat memperlancar siklus udara di ruangan. Gedung ini juga dilengkapi resapan air yang berfungsi mencegah banjir saat musim hujan dan pada saat musim panas resapan tersebut berfungsi mendinginkan ruangan seperti layaknya AC. Keren ya?

View dari gedung atas Lawang Sewu

View dari gedung atas Lawang Sewu

Salah satu potret jendela

Salah satu potret jendela

penjual souvenir di lantai bawah Lawang Sewu

penjual souvenir di lantai bawah Lawang Sewu

Note: Foto kompilasi, kebanyakan taken by @agniahimsa.

2 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    aku kurus, horeee…

    • amey Said:

      itu dulu, wekk.. aku pun juga langsing, :p…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: