Keindahan Hamparan Pasir Putih Pantai Sapenan Berlatar Gunung Rajabasa

Setelah beberapa waktu disibukkan dengan dunia Startup (suka sama Kim Seon Ho tapi jadi tim Nam Dosan). Waktunya move on dari cerita Happy Ending rehat sejenak, kembali menulis, dan jalan-jalan dulu. 🙂

Kali ini kita menginjakkan kaki di Kalianda, Lampung. Kalianda merupakan kecamatan di Lampung Selatan yang letaknya berada di kaki Gunung Rajabasa dan memiliki daya tarik wisata berupa deretan pantai.

Untuk sampai ke Kalianda dari Pelabuhan Bakauheni diperlukan waktu sekitar 1 jam menaiki kendaraan pribadi menuju ke arah Krakatoa Nirwana Resort. Memasuki jalan area tersebut, terdapat deretan pantai yang dapat dikunjungi seperti Pantai Indah Krakatau, Pantai Bagus, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat pagi hari belum banyak obyek wisata pantai yang dibuka. Rata-rata buka pukul 08.00 pagi. Saat melintas, salah satu yang sudah buka dan menarik perhatian adalah Pantai Sapenan karena pantainya yang teduh oleh pepohonan.

Pantai Sapenan memiliki hamparan pasir putih dan berhadapan dengan Gunung Rajabasa. Saat kami datang belum ada pengunjung lain padahal itu hari Minggu sehingga terasa tenang dan nyaman, apalagi di saat masih pandemi seperti ini kurang nyaman apabila berada dikeramaian.

Karena masih pagi, kami pun memasak mie rebus yang dicampur dengan telur dan membakar ikan yang dibeli saat menyusuri wilayah penduduk di dekat daerah pantai. Harga ikan Rp 13.000,- dapat 9 ekor. Ikan yang kami dapat adalah ikan selar kemudian membakarnya di tepi pantai.

Untuk memasuki Pantai Sapenan dikenakan retribusi masuk Rp 15.000,- per orang. Sementara itu, bila membawa kendaraan bermotor berupa mobil dikenakan tambahan Rp 10.000,-. Fasilitas wisata di Pantai Sapenan yaitu

  • area parkir yang luas, pengunjung dapat memilih parkir dimana saja
  • tersedia gubuk untuk bersantai dengan biaya sewa Rp 25.000 sepuasnya

Apabila teman-teman menyeberang dari Pelabuhan Merak dan sampai Pelabuhan Bakauheni sudah malam hari tidak ada salahnya untuk mencari penginapan di daerah Kalianda sehingga paginya dapat langsung berwisata ke pantai. Terdapat juga penginapan yang berada di tepi pantai atau kalau bawa peralatan camping bisa coba untuk camping di tepi pantai. Apakah kalian setuju dan tertarik untuk mencobanya?

2 thoughts on “Keindahan Hamparan Pasir Putih Pantai Sapenan Berlatar Gunung Rajabasa”

  1. Pantai yang asri bersih.. Bisa menjadi tujuan wisata pantai di Lampung. Pantai2 di Lampung OK banget.

Leave a comment