Little India Medan – Kampung Madras – Kuil Shri Mariamman

Medan merupakan salah satu kota multietnis dimana penduduknya terdiri dari beragam latar belakang budaya dan agama. Selain suku Batak, Karo, dan Melayu, di Medan juga dapat dijumpai suku Jawa, etnis Tionghoa, dan etnis India.

Medan merupakan salah satu kota multietnis dimana penduduknya terdiri dari beragam latar belakang budaya dan agama. Selain suku Batak, Karo, dan Melayu, di Medan juga dapat dijumpai suku Jawa, etnis Tionghoa, dan etnis India.

Keanekaragaman kota Medan pun terlihat dari keberadaan tempat ibadah seperti gereja, vihara, dan masjid yang ada disudut kota. Menariknya lagi, di Medan juga terdapat sebuah Kampung India yang dikenal dengan sebutan Kampung Keling atau Kampung Madras.

Kampung yang terletak di sekitar Jalan Zainul Arifin cukup mencolok dengan keberadaan sebuah kuil cantik nan eksotis yang dikenal bernama Kuil Shri Mariamman. Berada disekitar lingkungan ini seperti berada di India karena banyak dijumpai orang-orang keturunan India yang beraktivitas dan berlalu lalang. Disini saya hanya sebatas menikmati suasana sekitar Kuil Shri Mariamman dan memilih untuk tidak masuk ke dalam. Bangunan kuil ditandai dengan menara bertingkat yang dipenuhi oleh ornamen patung-patung kecil berwarna-warni.

Pada bagian gerbang gapura, kita dapat melihat dua patung gajah yang merupakan hewan suci dan dikeramatkan oleh umat Hindu. Memasuki bagian dalam terdapat tiga ruang doa yaitu Shri Vinayagar di sebelah kiri, Shri Mariamman dibagian tengah, dan Shri Murugar di sebelah kanan.

Kuil Shri Mariamman

Kuil yang dibangun untuk memuja dewi Mariamman ini merupakan kuil Hindu tertua di Kota Medan dan menjadi rumah ibadah bagi umat Hindu Tamil. Menurut kepercayaan Hindu, Dewi Mariamman merupakan dewi yang dipercaya mempunyai kekuatan dalam menyembuhkan berbagai penyakit, menghilangkan wabah penyakit, dan menurunkan hujan ketika musim kemarau.

Kuil Shri Mariamman berdiri sekitar tahun 1881, tak lama setelah itu pada tahun 1884 berdiri Kampung Madras. Keberadaan suku India yang ada di Indonesia, tak lepas dari sejarah dimana mereka didatangkan oleh pemerintah kolonial Inggris pada abad ke-19 untuk bekerja di perkebunan Tembakau Deli. Tembakau terbaik yang membuat Tanah Deli dikenal di dunia.

One thought on “Little India Medan – Kampung Madras – Kuil Shri Mariamman”

Leave a comment