Air Terjun Tegenungan: Pilihan Wisata Alam di Gianyar

Keindahan alam Pulau Dewata, Bali memang sudah tidak diragukan lagi. Selain menawarkan pantai dengan sunset yang menawan, Bali juga memiliki daerah perbukitan dengan pemandangan yang hijau dan suasana yang sejuk. Suasana tersebut dapat ditemukan, salah satunya di daerah Ubud Bali. Daerah dimana kami memilih untuk bermalam.

Tak kalah dari Ubud, daerah Gianyar juga menawarkan wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Air Terjun Tegenungan. Air terjun ini adalah air terjun yang berada di kawasan dataran rendah, tidak seperti air terjun lainnya yang berada di kawasan dataran tinggi.

Ya, setelah trekking pagi di Bukit Campuhan dan jalan ke Museum Blanco Renaissance kemudian checkout dari Ani’s Villas, saya dan travelmate yang sebelumnya berencana untuk ke Tegalalang langsung memilih untuk menuju Air Terjun Tegenungan karena berkejaran dengan waktu.

Air Terjun Tegenungan berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, yang berjarak sekitar 35 km dari Kuta dan dapat dijangkau selama 1 jam perjalanan dengan menaiki kendaraan bermotor. Sedangkan dari Denpasar, berjarak sekitar 20 km. Karena tidak ada transportasi umum yang melewati jalur tersebut maka untuk menuju air terjun ini harus menaiki kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan. Karena kita dari daerah Ubud jaraknya lebih dekat lagi sekitar 12 km yang dapat dijangkau dengan waktu tak sampai 30 menit.

Pertama kali tau tempat ini dulunya dari blognya Mas Wijna dan akhirnya bisa kesini menyaksikan langsung keindahannya. Air terjun setinggi 4 meter ini tidak berada di tepi jalan, untuk sampai ke lokasi diperlukan sedikit perjuangan karena harus berjalan menuruni anak tangga. Rasa lelah akan terbayar begitu sampai di bawah Air Terjun Tegenungan yang memiliki air jernih dengan debit yang deras. Disini kalian dapat menikmati hijaunya pemandangan dan sejuknya alam sambil berenang atau sekedar bermain air. Letaknya yang berada dikawasan pedesaan dan jauh dari keramaian membuat tempat ini sangat tenang, jauh dari kebisingan.

Tak jauh dari air terjun dapat ditemukan pura dan pancuran air yang berasal dari mata air. Bagi kalian yang ingin menuju Air Terjun Tegenungan disarankan untuk membawa minuman. Turun tangga menuju area air terjun dan aliran sungai tidak terlalu berat. Namun ketika kembali ke atas, butuh usaha dan tenaga maksimal. Cobain sendiri deh buat merasakan sensasinya! Yang pernah kesini tulis dikomentar ya, rasanya naik tangga dari bawah untuk kembali ke area parkir, 😀

Sementara itu, di seberang sungai terdapat ayunan bertarif Rp 50.000,- yang dapat digunakan sebagai spot berfoto :D. Tak perlu khawatir harus basah untuk menuju area seberang karena terdapat jembatan bambu dan kayu yang saling menghubungkan. Selain bermain ayunan, kalian juga bisa trekking menuju area atas air terjun lho. Sayangnya untuk bagian yang ini kita nggak nyoba karena bawa tas ransel berat jadi harus hemat tenaga, hehehe…

Dibagian tepi sungai, kita dapat melihat batuan yang disusun-susun seperti yang pernah viral itu lho. Ternyata biar g ambruk dibagian tengah susunan bebatuannya ada yang dikasih bambu dan ada juga yang dibentuk dengan bantuan kawat.

Harga tiket masuk Air Terjun Tegenungan Rp 15.000 per orang untuk wisatawan lokal. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 18.30 WITA. Area wisata sudah didukung dengan kamar mandi dan warung-warung yang menjajakan makanan, gelato, dan barang kerajinan khas Bali.

Advertisements

4 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    Wah, sudah rame sekarang. Sudah nggak cocok lagi buat tempat memancing. 😀

    • amey Said:

      Pas kesana nggak keliatan juga ada orang mancing, mas 😀

  2. Dyah Said:

    Tempatnya cantik banget, nih. Tapi… kayaknya usaha banget ya buat ke sana. Btw, foto-fotonya keren

    • amey Said:

      Usaha keras pas naik tangga waktu baliknya, hahaa.. Terima kasih sudah mampir.. 🙂


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: