6 Tempat Makan Sate Klatak Enak dan Murah di Imogiri

Bagi foodies yang sedang jalan-jalan ke Jogja pastinya kuliner tak kan menjadi bagian yang terlewatkan. Bergerak ke arah selatan kota Jogja, terdapat salah satu daerah yang menjajakan olahan makanan dari daging kambing. Yak, memasuki daerah Jejeran dimana merupakan jalur menuju wisata alam Imogiri, foodies dapat menemukan banyak warung yang memajang daging kambing dan alat pembakar sate.

Daerah Jejeran memang terkenal dengan sate klatak-nya. Ada yang belum tau tentang sate klatak? Sate klatak merupakan sate dari daging kambing muda yang hanya dibumbui dengan garam. Berikut tempat makan sate klatak di daerah Jejeran yang recommended untuk foodies singgahi:

  1. Sate Klatak Pak Pong 

    sate klatak Pak Pong

    Berbeda dengan sate pada umumnya yang biasa dihidangkan dengan tusuk dari lidi dan dilengkapi dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, sate klatak Pak Pong disajikan dengan tusuk sate dari jeruji besi dan dihidangkan dengan kuah gulai. Untuk satu porsi sate klatak disini hanya berisi 2 tusuk saja plus nasi harga sekitar Rp 25.000,-. Cukup terjangkau bukan? Namun bila foodies berkunjung saat musim libur panjang atau weekend, harus sabar karena antrian cukup banyak dan bisa menunggu hingga 1-2 jam. Maklum saja karena makanan yang disajikan baru diolah ketika pesanan datang.

  2. Sate Klatak Pak Bari 

    sate klatak Pak Bari

    Siapa sih yang nggak tau Sate Klatak Pak Bari? Warung sate yang terletak di Pasar Wonokromo ini semakin populer setelah muncul dalam film AADC 2. Sate Klatak Pak Bari hanya dapat dijumpai saat malam hari, biasanya buka seusai magrib dan bisa saja habis sebelum pukul 21.00. Bila berencana untuk datang kesini usahakan datang se-awal mungkin agar tidak kehabisan. Untuk satu porsi Sate Klatak Pak Bari berisi 2 tusuk sate dengan potongan daging yang cukup besar. Pastinya walaupun cuma 2 tusuk sate plus nasi sudah cukup kenyang dan memuaskan. Foodies pun hanya cukup merogoh kantong sebesar Rp 20.000,- untuk 1 porsinya.

  3. Sate Pak Jupaini

    sate klatak Pak Jupaini

    Warung sate Pak Jupaini terletak tepat ditepi jalan Imogiri Timur Km. 10 Jejeran, tak susah untuk menemukannya karena terdapat plank besar yang menjadi penanda warung tersebut. Untuk satu porsi sate klatak disini juga berisi 2 tusuk sate dengan potongan daging yang pas. Yang khas dari penyajian sate klatak disini adalah dihidangkan dengan kuah santan berwarna kuning yang rasanya gurih sedikit asam.

  4. Sate Horor Pak Jono
    Seperti namanya yang horor, Sate Pak Jono ini buka hanya pada malam hari. Bagi foodies yang tidak kebagian sate Pak Bari bisa coba mlipir ke warung yang persis berada di sebelah Pasar Wonokromo. Dilengkapi dengan penerangan yang remang-remang makan sate disini rasanya jadi syahdu.
  5. Sate Mas Rangga
    Warung sate Mas Rangga buka mulai pagi hari pukul 07.00. Berada di sekitar Jalan Imogiri Km. 11, warung ini selalu ramai saat memasuki jam makan siang. Berbeda dengan warung sate lainnya yang hanya memberikan 2 tusuk sate disetiap porsinya, Sate Klatak Mas Rangga memberikan 6 tusuk sate. Minusnya disini sate klataknya tidak diberi pelengkap kuah. Namun rasa sate klataknya enak dan tingkat kematangannya pun sempurna.
  6. Sate Mbak Bella
    Sate Mbak Bella berada di depan warung Sate Mas Rangga, kedua warung sate ini selalu sama-sama ramai. Berbeda dengan sate klatak Mas Rangga yang tidak dilengkapi dengan kuah, sate Mbak Bella menawarkan sate klatak dengan gule atau tongseng. Untuk kuah tongsengnya gurih sedikit pedas. Dalam satu porsi terdapat 5 tusuk sate, tingkat kematangannya sempurna, namun dalam satu tusuknya terdapat potongan gajih.

Selain menawarkan sate klatak, warung-warung tersebut juga menawarkan olahan dari daging kambing seperti tengkleng, tongseng, gulai, dan nasi goreng kambing. Setiap warung memiliki ke khas an dan cita rasa tersendiri. Foodies suka sate klatak tempat siapa nih?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: