Nyobain Naik Singapore Flyer-Bianglala Tertinggi Kedua di Dunia

Singapore Flyer merupakan bianglala tertinggi kedua di dunia setelah High Roller Las Vegas, Amerika Serikat. Singapore Flyer sendiri pernah menjadi bianglala tertinggi di dunia pada tahun 2008 mengalahkan ketinggian London Eye yang berada di London, Inggris dan Star of Nanchang yang berada di Tiongkok.

Sebagai orang yang tinggal di kawasan ASEAN apalagi Indonesia, rasa kurang lengkap bila berkunjung ke Singapura tidak mencoba wahana ferris wheel yang satu ini.

Bianglala yang memiliki ketinggian 165 meter dan sekaligus menjadi salah satu landmark Kota Singa ini berada di 30 Raffles Avenue, Singapore. Singapore Flyer buka setiap harinya mulai pukul 08.30-22.30 dengan jam putar terakhir pukul 22.00.

Untuk menuju ke Singapore Flyer, kalian dapat menaiki MRT atau bus.

• Bila menaiki MRT turun di Stasiun Promenade dan ambil Exit A. Untuk sampai ke Singapore Flyer dari stasiun ini kira-kira butuh waktu 10 menit dengan berjalan kaki.
  • Sedangkan bila menggunakan bus dapat menaiki bus no. 56, 75, 77, 97, 97e, 171, 195, 960, 961C.

Sementara kalau mau muter-muter dulu sambil jalan-jalan melihat pemandangan kota sekitar kalian bisa mencoba turun di Stasiun Marina Bay ikuti papan petunjuk yang ada.

Kita pun mengikuti arah ke Marina Bay Sands dan keluar pintu stasiun sampailah di bawah gedung Marina Bay Sands. Pemandangan pertama yang terlihat adalah banyak orang-orang ngrokok berjamaah.

Oke lanjut, untuk menuju Singapore Flyer dari bawah gedung Marina Bay Sands kita harus berjalan kaki ambil arah kanan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Lumayan sambil olahraga pagi berhubung masih pukul 08.30.

Selama berjalan kaki menuju lokasi kita dapat melihat beberapa landmark kota Singapura seperti Singapore Flyer dari kejauhan, Gardens by The Bay, Jembatan Helix, dan Art Science Museum. Banyak juga orang-orang yang jogging dan sepedaan.

Dibandingkan dengan daerah Bugis dan Jurong, daerah Marina Bay ini udaranya terasa lebih panas. Jalan beberapa menit keringat udah bercucuran. Mungkin karena dekat dengan pantai.

Setelah berjalan 15 menit, pukul 08.45 sampailah kita di depan gerbang Singapore Flyer. Sebelum start naik bianglala, kita pun membeli tiket dan sarapan terlebih dahulu di resto depan loket tiket masuk. Sarapan kali ini adalah roti isi tuna, beef, dan cheese (harganya $8.8). Enak!

Setelah sarapan selesai, kita pun naik ke atas. Sebelum memasuki area pintu masuk bianglala, tiket yang kita beli akan di periksa dan di scan oleh petugas. Barang bawaan (tas) kita pun juga akan diperiksa layaknya memasuki bandara.

Selanjutnya kita akan melewati ruangan seperti diorama yang berisi informasi mengenai bangunan Singapore Flyer. Pencahayaan dan dekorasi ruangannya cukup keren.

Sebelum keluar, ada petugas yang meminta kita untuk berfoto layaknya di studio. Setelah foto, kita akan diberi karcis yang tertulis nomor foto, nantinya hasil foto bisa dilihat di counter penjualan souvenir.

Sampailah di depan pintu masuk bianglala, saat kapsul yang akan kita naiki datang kebetulan datang rombongan wisatawan dari Tiongkok yang berjumlah 27 orang. Kita pun diminta untuk mengalah. Syukurlah tidak diminta satu kapsul dengan rombongan tersebut.

Saat menunggu kapsul yang ditumpangi datang, petugas menginfokan misal cuma ada dua orang yang antri dan kapsul sudah datang, bisa saja satu kapsul hanya berdua saja. Jadi pinter-pinter ambil timing aja kalau pas antri disini. 😀

Setelah menunggu beberapa menit, kita pun masuk bersama 4 orang dewasa dan 3 anak pengunjung lain. Ruangan kapsul bianglalanya lumayan longgar. Selain dilengkapi tempat duduk permanen, ruang kapsul tersebut juga dilengkapi dengan AC.

Satu kapsul Singapore Flyer berputar sekitar 30 menit. Rotasi putarnya lumayan pelan sehingga dari kapsul tersebut kita dapat benar-benar menikmati pemandangan kota Singapura dari atas dengan nyaman.

Berbeda dengan bianglala biasanya yang kita temui, Singapore Flyer ini memiliki kapsul khusus yang digunakan untuk dinner. Bagi kalian yang pengen dinner romantis bersama pasangan tercinta silahkan siapkan budget lebih.

Disekitar area wisata Singapore Flyer, pengunjung juga dapat menemukan tempat berbelanja yang menawarkan produk terbuat dari kulit buaya, fish spa, dan simulasi terbang menjadi pilot.

Note:

• Harga tiket naik Singapore Flyer S$33/orang untuk dewasa dan S$21/anak (antara umur 3-12 tahun).
  • Hati-hati saat melakukan pembelian tiket, lebih baik beli di lokasi karena baca-baca ada yang ketipu ketika membeli dengan perantara.

1 Comment »

1. kayuhanpedal Said:

saya belum pernah naik bianglalanya..padahal yg tertinggi nomor dua ya? baru nyoba naik ke dataran tertinggi di singapura.