Burger Monalisa, Salah Satu Kuliner Legendaris di Jogja

Bagi pecinta kuliner Jogja, nama Burger Monalisa tentunya sudah tidak asing terdengar di telinga karena merupakan pelopor lahirnya burger di Jogja. Tak hanya itu saja, Burger Monalisa pun mampu menghadirkan rasa khas Jogja.

burger-monalisa_-sisingamangaraja_jogja-3

Secara tampilan Burger Monalisa memang terlihat seperti kebanyakan burger yang biasa ditemui di tempat-tempat lainnya yang terdiri dari lembaran daun slada, beef, keju, irisan bawang bombay dan tomat, serta mayonaise. Tapi begitu mencicipi rasanya, kita akan menemukan ke-khas-an dan cita rasa makanan yang berasal dari Hamburg, namun sesuai dengan lidah orang Jawa.

Yang menjadikan Burger Monalisa khas karena roti, saos, dan mayonaise dibuat dan diracik sendiri oleh ownernya. Saat menggigit rotinya, kita dapat merasakan kelembutan rotinya yang juga memiliki rasa agak manis. Saos dan mayonaisenya pun sangat terasa homemade dan saat menyatu dengan bahan-bahan lainnya menghasilkan perpaduan rasa yang mantap.

burger-monalisa_-sisingamangaraja_jogja-4

Disini kita dapat memesan burger yang pedas atau tidak pedas. Untuk burgernya pun terdapat pilihan ada burger biasa, burger keju, burger ayam, dan burger ayam keju. Selain burger, burger Monalisa juga menawarkan menu lainnya seperti hot dog, spaghetti, pizza, potato, roti bakar, dan pisang bakar.

Saya pun memesan burger keju. Eng..Ing..Eng.. pesanan datang dan tersaji masih dalam keadaan hangat. Burger disajikan dalam piring melamin dengan garpu dan pisau yang memudahkan kita untuk menyantapnya.

daftar menu dan harga Burger Monalisa

daftar menu dan harga Burger Monalisa

Burger yang pertama kalinya dijajakan pada tahun 1988 di kawasan kaki lima di sisi barat Gedung Purna Budaya UGM, kini sudah membuka cabang di Jl. Sisingamangaraja No.90 Yogyakarta yang letaknya tak jauh dari kawasan penginapan Prawirotaman.

Berbeda dengan di Jl.Kaliurang yang warungnya berupa kaki lima, di Jl. Sisingamangaraja warung Burger Monalisa menempati sebuah rumah. Di warung yang berada di utara Pasar Telo ini terlihat tidak begitu ramai pengunjung.

burger-monalisa_-sisingamangaraja_jogja-1

Jadi kalau sedang menginap atau jalan-jalan di sekitar Prawirotaman, jangan sampai kelewatan untuk mampir dan mencicipi lezatnya burger legendaris khas Jogja ini.

Note:

  • Burger Monalisa (Jl. Sisingamangaraja) buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB, sedangkan di Jl.Kaliurang buka mulai pukul 17.00 WIB.
  • Harga makanan mulai dari Rp 6.500,- s.d Rp 19.000,-
  • Harga minuman mulai dari Rp 3.000,- s.d Rp 7.000,-

4 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    bar moco artikelmu iki dadi muncul ide artikel nandingke monalisa ro mr burger😀

  2. astyaep Said:

    Kt mas spupumu yg karangkajen ini malah rumah owner nya …

    Tambahan lain..
    Ada juga deketnya gerbang utama UNY …

    • amey Said:

      baru tau saya, pas beli nggak tanya2 jg.
      hehehe…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: