Nyobain Tengkleng dan Sate Klatak tanpa Kuah di Sate Kambing Pak Bejo, Warungboto

Sate, siapa sih yang nggak tau tentang makanan ini? Masakan khas Indonesia yang masuk dalam daftar jajaran makanan terlezat di dunia berdasarkan survei CNN ini memang banyak jenisnya.

Satu dari Jogja yang terkenal adalah sate klatak. Mendengar nama sate klatak tentunya identik dengan sebuah kawasan bernama Jejeran. Di Jogja, sate klatak tak hanya dapat ditemui di daerah Jejeran saja lho, di tengah kota pun kita dapat menemukan kuliner khas ini. Salah satunya di daerah Warungboto, Umbulharjo, Jogja.

sate-kambing-pak-bejo-warungboto-4

sate-kambing-pak-bejo-warungboto-5

Warung tersebut bernama “Sate Kambing Pak Bejo”. Selain sate, disini foodies dapat menemukan berbagai masakan dari olahan dari daging kambing seperti tongseng, tengkleng, gulai, dan nasi goreng kambing.

Dan pada malam kemarin di warung Sate Kambing Pak Bejo, kita mencoba beberapa menu yang ditawarkan yakni sate klatak, tengkleng, dan tongseng.

Memasuki area warung, terlihat beberapa orang pembeli yang sudah mengantri lebih dulu. Padahal jam sudah menunjukkan pukul 21.00-lebih. Setelah menunggu sekitar 20 menit, pesanan pun datang.

Mari kita cicipi..

sate klatak tanpa kuah

sate klatak tanpa kuah

Sate Klatak. Makanan yang satu ini, rupanya disajikan berbeda dengan warung-warung lain. Bila di tempat lain, sate ini disajikan dengan kuah santan yang gurih. Disini sate klatak hanya disajikan bersama nasi tanpa kuah. Dalam satu porsi terdapat 3 tusuk sate. Perbedaan kedua, kalau di Jejeran sate ditusuk menggunakan jeruji besi, sate di warung Pak Bejo ini ditusuk menggunakan tusuk sate biasa. Untuk porsinya terbilang cukup banyak dan mengenyangkan. Sementara rasanya, lebih dominan asin.

tengkleng

tengkleng

Tengkleng. Rasanya cukup enak dan porsinya pas. Terasa manis sedikit pedas oleh lada. Bumbunya meresap sampai ke daging dan tidak bau amis. Sayangnya dagingnya cuma dikit, banyak balungannya.

Tonseng. Bagi lidah saya, rasanya agak aneh karena santan pada kuahnya terlalu kental. Untuk porsinya lumayan banyak berisi daging.

tongseng

tongseng

Di warung Sate Kambing Pak Bejo ini disediakan tempat duduk dengan meja dan bangku (outdoor) serta lesehan (indoor). Sambil nunggu pesenan dateng bisa ngitung kendaraan yang lewat :p.

Note:

  • Ancer-ancer: utara perempatan Gambiran, ada perempatan ke kanan. Lokasi pojokan samping lampu merah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: