Icip-Icip Sate Kambing Muda Pak Jupaini, Jejeran

Jejeran, nama kawasan tersebut tentunya sudah tidak terdengar asing bagi para pecinta kuliner Jogja. Ya, di sepanjang daerah tersebut kita dapat dengan mudah menjumpai warung-warung yang menjajakan olahan dari daging kambing seperti sate, tengkleng, dan tongseng. Dan yang paling terkenal adalah sate klatak.

Buat foodies yang bingung memilih tempat mana yang akan disinggahi untuk mencicipi nikmatnya sate klatak khas Jogja, kita kasih nih rekomendasinya: Sate Klatak Pak Pong, Sate Klatak Pak Bari, dan satu lagi adalah Sate Klatak Pak Jupaini.

sate-kambing-muda-pak-jupaini-jejeran-imogiri-5

Tidak begitu sulit untuk menemukan dimana warung Sate Klatak Pak Jupaini ini berada karena letaknya yang persis berada di tepi jalan tepatnya beralamat di Jalan Imogiri Timur Km. 10 Jejeran.

Sama seperti warung sate klatak Pak Pong dan Pak Bari, Sate Klatak Pak Jupaini ini juga selalu ramai oleh pengunjung yang ingin merasakan kenikmatan olahan dari daging kambing tersebut. Dan di warung ini pun kita mencoba 3 menu yakni sate klatak, tengkleng, dan tongseng.

tengkleng

tengkleng

Sekitar 50 menit dari waktu pemesanan, satu persatu pesanan pun datang. Yang pertama adalah tengkleng. Tak sia-sia menunggu hampir satu jam karena rasa tengklengnya cukup memanjakan lidah. Kuahnya dari tengkleng dominan rasa manis sedikit pedas dari merica dan lada. Bumbunya pun juga meresap ke daging tengkleng.

sate klatak

sate klatak

Kemudian untuk sate klatak dari warung Pak Jupaini memiliki khas di kuahnya yang berasa gurih sedikit asam. Kalau dikasih sambal, rasanya jadi nano-nano. Sate-nya sendiri satu porsi terdiri dari 2 tusuk. Dibandingkan dengan sate Pak Pong dan Pak Bari, sate disini irisannya lebih kecil dan sedikit, jadi cocok buat yang darah tinggi. Sementara, tingkat kematangannya bagi saya masih kurang sehingga dagingnya berasa kenyal-kenyal alot.

tongseng

tongseng

Rupanya nggak cuma kuah tengkleng dan sate klataknya yang unik dan khas. Tongsengnya pun juga memiliki rasa kuah yang berbeda dari tempat-tempat lain. Daging pada tongsengnya lumayan cukup banyak.

Selain sate, tengkleng, dan tongseng, warung Sate Klatak Pak Jupaini juga menyediakan menu lainnya yaitu gulai dan nasi goreng. Walaupun antriannya lumayan banyak, namun warungnya cukup kog buat nampung pembeli yang datang. Disini foodies bisa memilih mau duduk lesehan atau dengan meja dan bangku yang lebar.

1 Comment »

  1. Tuan Pembual Said:

    seporsi berapaan ya…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: