Enthok Rempah Imogiri

Kalau berjalan ke daerah Imogiri, di sepanjang jalan kita dapat melihat banyak warung yang menawarkan sate klatak. Selain olahan dari daging kambing tersebut, rupanya kalian juga dapat menemukan kuliner dari daging enthok yang tak kalah nikmat untuk dicoba dan membuat penasaran.

Bila di Turi terdapat “Enthok Slenget Kang Tanir“, di Imogiri ada “Enthok Rempah”. Warung yang pertama kali dibuka pada tahun 2015 ini terletak di Jl. Imogiri Timur Km 8, Dusun Botokenceng, Desa Wirokerten, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Enthok Rempah Imogiri (7)

Sebelumnya, bagi yang belum tau enthok (bahasa Indonesianya: itik serati), silahkan buka google images aja, hehe. Untuk lokasinya, dari Terminal Giwangan tinggal ke selatan aja, nggak sampai 10 menit juga sudah sampai.

Kalau Enthok Slenget Kang Tanir menawarkan olahan daging enthok yang pedas, sesuai namanya warung Enthok Rempah Imogiri menawarkan olahan daging enthok dengan bumbu rempah yang khas. Tak mengherankan bila rasanya special dan terlebih tidak amis.

Warung Enthok Rempah Imogiri menawarkan 7 olahan enthok yaitu enthok bakar rempah (pedas/legit), enthok goreng kremes, rica-rica enthok, sup kuning enthok, enthok bumbu jaser, dan enthok rempah lada hitam. Harganya mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 25.000,-. Harga yang dibayarkan terbilang murah karena sesuai dengan porsinya yang memang banyak.

Rica-rica enthok

Rica-rica enthok

Selain olahan dari daging enthok, Enthok Rempah Imogiri juga menawarkan menu dari olahan daging ayam jawa, ayam potong, nila, lele, nasi goreng, dan soup.

Menariknya lagi, warung ini juga menawarkan aneka minuman yang bervariasi seperti aneka jus, milkshake, es kopi salju, hot chocolate. dan aneka minuman tradisional diantaranya wedang jahe, kunir asem. jaslem, dan wedang uwuh yang merupakan minuman khas Imogiri, Bantul.

Wedang uwuh dan jaslem

Wedang uwuh dan jaslem

Dan di makan malam kali ini, kita memilih menu rica-rica enthok, enthok rempah lada hitam, dan soupo tahu. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk menunggu menu tersebut siap disajikan. Bila sudah lapar, kalian dapat mengganjal terlebih dahulu dengan camilan yang ditawarkan seperti pisang bakar coklat keju, salad buah, dan kentang goreng.

Sementara minumnya, saya memilih jaslem dan travelmate memilih wedang uwuh. Jaslem adalah minuman tradisional yang terbuat dari jahe, asam, lemon. Rasanya lebih cenderung asam daripada pedasnya jahe. Kalau pas malem hari dan pengen badan hangat, wedang uwuh bisa jadi pilihannya.

Jaslem

Jaslem

Ngomongin soal rasa rica-rica enthok, kuahnya cukup unik seperti daun jeruk, segar dan hangat ditenggorokan. Untuk enthok rempah lada hitam, rasa kuahnya lebih manis sedikit pedas dari lada hitam, isinya banyak dagingnya. Berbeda dengan rica-rica yang berisi tulang-tulang. Daging pada menu enthok rempah lada hitam pun empuk dan bumbunya meresap.

Enthok rempah lada hitam

Enthok rempah lada hitam

Dan soupo tahu merupakan pelengkap yang berisi sayuran brokoli, bakso, dan telur orak-arik. Kurang tau kenapa ada rasa amisnya, tapi dikit aja kog.

Soupo tahu

Soupo tahu

Letak warung yang berada di tepi jalan tetapi juga berada di antara sawah membuat tempat ini terasa lebih adem. Terlebih saat malam hari dengan penerangan yang tidak begitu terang dan dekorasi yang unik membuat kesan romantis. Ditambah lagi semilir angin yang bertiup membuat suasana semakin syahdu.

Enthok Rempah Imogiri (1)

Posisi tempat makan yang menempati bangunan atas membuat pengunjung juga dapat menemukan pemandangan lebih istimewa lagi saat bulan purnama. Dengan menghadap ke arah luar kita dapat menemukan pemandangan bulan penuh yang cantik menawan.

Enthok Rempah Imogiri (8)

Penasaran seperti apa kelezatannya? Buktikan aja sendiri. Kalau habis dari Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan menuju kota Jogja, mampir aja karena arahnya sejalan.

Note:

  • Enthok Rempah Imogiri buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.
  • Harga camilan Rp 7.500,-
  • Harga olahan makanan Rp 8.000,- hingga Rp 25.000,- (sudah termasuk nasi).
  • Harga minuman Rp 6.000,- hingga Rp 10.000,-.
  • Malam minggu asyik, makan kenyang dan enak~🙂

 

6 Comments »

  1. Dulu ke sini pas siang hari mbak, hbs dr kebun buah mangunan mampir ke sini pas baru buka, di belakang ada musholanya

    • amey Said:

      malah nggak memperhatikan kalau ada musholanya, hehe..

  2. mawi wijna Said:

    Wah enak, orang mBantul klo mau nyari entok ngga perlu PP 30 km ke lereng Merapi😀

    Suasana rumah makannya mencerminkan harganya😀
    Tapi penyajian entoknya kok agak kurang meyakinkan…

    • amey Said:

      iya mas.. penyajiannya kurang “njawani” ya..

  3. Wadiyo Said:

    ini nih perlu dicoba kalau pas ke Jogja.
    apa bedanya ‘enthok’ dan ‘menthok’ ya?
    beda apa sama ya?
    maturnuwun


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: