Coklat Monggo: Cita Rasa Coklat Belgia dari Jogja

Bingung cari oleh-oleh khas Jogja? Atau pengen ngasih buah tangan yang beda selain bakpia dan gudeg kaleng tapi tetep masih khas Jogja? Coklat Monggo mungkin bisa jadi pilihannya.

Kenapa coklat monggo? Karena coklat ini memiliki cita rasa yang khas dan unik. Pokoknya beda dari coklat-coklat yang ada dipasaran. Coklat Monggo memiliki cita rasa khas Belgia.

Coklat Monggo Kotagede (2)

Awal mula coklat ini dibuat, dikarenakan kekecewaan seorang turis asal Belgia bernama Thierry Detournay yang sedang berwisata di Jogja saat merasakan produk coklat di toko. Mengingat Indonesia adalah negara penghasil kakao terbesar ketiga di dunia.

Pada tahun 2005, Thierry Detournay mulai didirikan perusahaan Anugerah Mulia, dengan brand Cokelat Monggo yang menggabungkan cita rasa cokelat Belgia terbaik dan bahan-bahan terbaik Indonesia.

Showroom Coklat Monggo terletak di Jl. Dalem KG III / 978, Purbayan Kotagede. Letaknya yang berada di dalam kampung memang kadang bikin bingung dimana sih lokasi tersebut? Namun nggak perlu khawatir karena Showroom Coklat Monggo berada tak jauh dari kawasan wisata Kotagede seperti Pasar Kotagede dan Makam Raja-Raja Mataram Kotagede.

Kabarnya vespa pink yang dipajang di sudut halaman pabrik  Coklat Monggo tersebut merupakan kendaraan yang digunakan oleh Thierry Detournay saat menjajakan produk coklat buatannya saat awal-awal di sekitar daerah UGM

Kabarnya vespa pink yang dipajang di sudut halaman pabrik  Coklat Monggo tersebut merupakan kendaraan yang digunakan oleh Thierry Detournay saat menjajakan produk coklat buatannya saat awal-awal di sekitar daerah UGM

Disarankan kalau pas lagi pasaran Legi jangan melewati area Pasar Kotagede karena jalan pasti macet. Alternatif jalan lain adalah melewati Terminal Giwangan ke timur, setelah pabrik, ada gang masuk, lurus aja terus ke utara.

Memasuki Showroom Coklat Monggo di Kotagede kita akan disapa dengan hangat sama mbak-mbak yang lagi berjaga. Terdapat tester coklat yang bisa dicoba dengan gratis. Kebetulan pas kita dateng dikasih tester coklat hitam 58% dan 77%. Setelah mencicipi kedua tester coklat tersebut, saya lebih tertarik sama coklat hitam 58%. Rasanya pas, nggak terlalu manis dan nggak terlalu pahit. Sedangkan travelmate-nya akuh lebih suka yang 77%. Akhirnya jadi beli dua-duanya.

Coklat Monggo Kotagede (4)

Selain coklat hitam, Coklat Monggo menawarkan banyak varian coklat seperti durian, strawberry, mangga, marzipan, coklat susu, praline, dan caramello yang tersedia dalam kemasan batang (40 gr). Ada juga rasa jahe, red chili, pala, milk, macadamia, dan orange peel yang tersedia dalam kemasan papan (80 gr).

Selain di Kotagede, Showroom Coklat Monggo juga ada di Jl. Tirtodipuran No.10 Yogyakarta yang buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Lokasinya mudah dijangkau dan nggak jauh dari area penginapan Prawirotaman ataupun Alun-Alun Selatan.

Ngaku pecinta coklat? Rugi kalau ke Jogja, nggak mampir buat beli Coklat Monggo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: