Ngeteh Asyik di Rumah Teh Ndoro Donker

Waktu di Rumah Teh Ndoro Donker temen sempet nanya,
Temen: Ndoro Donker ki artine opo?
Aku: Lha kui bukane jeneng uwong yo. (Ndoro= Juragan/Tuan, Donker= jeneng uwong)

Rumah Teh Ndoro Donker (2)

Setelah surfing, kesimpulannya Ndoro Donker memang sebuah nama. Siapa dia? Ndoro Donker adalah seorang ahli tanaman berkewarganegaraan Belanda yang pernah hidup dan membangun perkebunan di Desa Kemuning. Beliau mengabdikan dirinya untuk berbagi ilmu tentang tanaman dengan warga sekitar hingga akhir hidupnya. Hal tersebut yang membuat warga sekitar mencintai dan menghormatinya.

Untuk mengenang beliau, warga sekitar menyebut daerah yang pernah ditinggali oleh Ndoro Donker dengan sebutan Ndonkeran.

Begitulah kira-kira.

Setelah njagong rasanya kurang greget kalau pulangnya nggak sekalian piknik. Diskusi mau kemana pun dimulai, cuma ada 2 usulan Ndoro Donker atau Sangiran. Walaupun jarak ke Sangiran lebih dekat, banyak yang nggak tertarik. Padahal ada juga yang belum pernah ke sana. Akhirnya, Ndoro Donker diputuskan sebagai tujuan selanjutnya.

Rumah Teh Ndoro Donker (1)

Jarak Ndoro Donker dari Dsn. Karungan Sragen, cukup lumayan lho 37 km berdasarkan Gmaps. Kita semua pun belum tau lokasi dan jalan menuju kesana. Jadi, ngikuti maps aja.

Awalnya sih jalannya normal-normal aja kemudian oleh map diarahkan ke jalan pemukiman warga. Kita sih positif thinking aja karena ada juga truk dan mobil yang melewati jalan tersebut.

Setelah melewati pemukiman penduduk, pemandangan pun berganti dengan sawah terasering berundak-undak seperti di Bali. Tiba-tiba setelah jalan turun, kita pun dikagetkan dengan jalan tanah. Dikira jalannya sudah habis ternyata masih. Namun, tak jauh dari itu,

Jeng..jeng..

Jalan berubah jadi sempit, berlubang, dan di tepinya longsor. Sempet kena jeglongan dibagian tepian longsor. Yang duduk dibelakang pun udah deg-degan triak kaget. Untung yang pegang stir handal.

Perjalanan pun diarahkan oleh Gmaps melewati area pembangunan Bendungan Gondang. Ada yang tau tempat tersebut? Medan jalan disekitar area tersebut naik-turun, badan jalan cuma cukup buat 1 mobil. Kalau papasan sama roda 4 harus gantian. Tepi jalannya longsor dan licin, pas lewat situ aja ada pengendara motor yang jatuh. Tapi anehnya ada juga warga sekitar yang menganggap tempat tersebut sebagai tempat wisata. Padahal masih tahap pengerukan tapi dari pinggir jalan banyak warga sekitar yang berhenti dengan kendaraan bermotor untuk melihat proses pengerjaan bendungan tersebut.

Rumah Teh Ndoro Donker (4)

Setelah perjalanan panjang yang horor kurang lebih 2 jam, akhirnya sampailah di area Kebun Teh Kemuning dan Rumah Teh Ndoro Donker. Pas sampai di depan rumah teh tersebut agak hopeless karena parkirannya aja udah penuh.

Setelah parkir, kita pun masuk ke Rumah Teh Ndoro Donker dan langsung menuju ke belakang dimana terdapat hamparan kebun teh. Karena sampai udah ashar dan pas juga ada mushola jadi shalat dulu deh.

Rumah Teh Ndoro Donker (5)

Rumah Teh Ndoro Donker (6)

Sambil menunggu rumah teh agak sepi, kita pun foto-foto dulu. Begitu sudah agak sepi baru lah, kita santai sambil ngeteh di Ndoro Donker. Teh apa saja yang tersedia disini? Ada banyak! Tersedia dalam penyajian satu gelas atau teapot. Kalau dateng rame-rame mending pesen dalam bentuk teapot. Berikut jenis-jenis teh yang ditawarkan Rumah Teh Ndoro Donker:

Pilihan teh di Rumah Teh Ndoro Donker

Pilihan teh di Rumah Teh Ndoro Donker

Dari sejumlah teh yang ada, dipilih-lah forest tea karena keliatan nggak biasa alias jarang ditemui di tempat lain. Tak begitu lama, teh pun datang. Warnanya merah muda, rasanya seperti wedang uwuh tapi lebih soft. Bagi lidah saya sih nggak ada rasa tehnya. Tapi lumayan untuk disesap setelah perjalanan panjang kesini.

Rumah Teh Ndoro Donker (9)

Tak hanya menawarkan beragam varian teh, Rumah Teh Ndoro Donker juga menawarkan camilan hingga makanan berat diantaranya tempe goreng, tahu goreng, kentang goreng, singkong goreng, nasi goreng, iga bakar, dan ayam goreng.

Rumah Teh Ndoro Donker memiliki area yang cukup luas. Tersedia tempat indoor dan outdoor untuk menikmati teh sambil bersantai. Bagian outdoor langsung menghadap hamparan Kebun Teh Kemuning. Udara di sekitar lokasi pun cukup sejuk.

Ndoro Donker Ngargoyoso (2)

Rumah Teh Ndoro Donker (11)

Rumah Teh Ndoro Donker (10)

Perlu diketahui bahwa lokasi yang dipakai sekarang sebagai rumah teh ini bukanlah tempat tinggal asli Ndoro Donker, melainkan berstatus menyewa lahan milik Kodam.

Note:

  • Rumah Teh Ndoro Donker terletak di Jl. Karangpandan-Ngargoyoso, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah tepatnya berada di Jl.Afdeling Kemuning No.18, Karanganyar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: