Lembah Harau-Tracking di Aka Barayun

Taman Wisata Lembah Harau ini terbagi dalam 2 daerah wisata yaitu Aka Barayun dengan 1 air terjun saja dan Sarasah Bunta dengan 7 air terjun. Jarak antara kedua tempat wisata tersebut cukup lumayan. Bila tidak membawa kendaraan pribadi lebih baik naik becak saja.

Lembah Harau_Aka Barayun (5)

Pada perjalanan ke Lembah Harau ini, kita menuju Aka Barayun terlebih dahulu. Dengan menaiki becak motor, kita akan diantar persis sampai di depan air terjun karena letak air terjunnya berada di tepi jalan.

O, iya becak motor disini beda lho dengan becak motor pada umumnya yang pengemudinya berada di belakang, di Sumatera Barat pengemudi becak motornya berada disamping.

Di kawasan ini selain bisa berfoto-foto, kita bisa berenang, atau nyobain kuliner khas setempat sambil menghirup udara segar, memandang keindahan air terjun dan alam sekitar. Buat yang mau nyebur atau berenang bisa juga tapi kalau saran saya sih mending berenang di Sarasah Bunta.

Air terjun di Aka Barayun

Air terjun di Aka Barayun

Ngomongin soal fasilitas, di sekitar tempat wisata ini terdapat tempat parkir, toilet, dan warung-warung kecil yang berada diseberang air terjun. Jadi kalau pengen santai aja tanpa basah-basahan bisa beli minuman hangat duduk-duduk di warung sambil menikmati pemandangan indah ciptaan Tuhan yang ada di depan mata. Tapi sayang banget kan kalau jauh-jauh kesini cuma duduk-duduk aja.😀

Salah satu kegiatan menarik yang bisa kalian coba di Aka Barayun adalah kegiatan tracking. Trackingnya nggak jauh dan sulit kog, cukup menaiki puluhan anak tangga saja. Kalau nafas lancar lima menit juga udah sampai di gardu pandang.😀

Gardu pandang di Aka Barayun

Gardu pandang di Aka Barayun

Pertamanya sih pas diajak ke atas agak males-malesan karena semalem habis hujan pasti tangganya licin, tapi ya udah lah nggak ada salahnya juga dicoba, kapan lagi kesini? Cuaca waktu itu agak mendung, jadi masih keliatan pagi banget dan agak berkabut. Nah, kalau kesini pas malemnya habis ujan ati-ati ya, tangganya agak licin karena banyak daun gugur yang basah berserakan di tangga. Biar aman pakai aja sepatu.

deretan anak tangga menuju gardu pandang

deretan anak tangga menuju gardu pandang

Satu persatu anak tangga pun terlewati dan sampailah di gardu pandang. Dari area tersebut kita dapat melihat keindahan lembah harau yang hijau dan mengalirnya air terjun ke bawah. Nggak nyesel deh pokoknya naik ke atas, viewnya keren!

View dari area gardu pandang

View dari area gardu pandang

Sayangnya pemandangan dari area gardu pandang agak terhalang oleh pohon-pohon dan tempatnya terkesan kurang terawat. Belum lagi saat menaiki anak tangga, disebelah kanan dan kiri anak tangga berserakan sampah plastik.😦

sampah

Yuk, jaga alam kita dengan buang sampah pada tempatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: