Menuju Lembah Harau

Kata Rangga dalam traveling itu kita akan melakukan hal-hal secara spontan (tanpa rencana). Sepertinya long weekend kali ini pantas disebut traveling karena memang penuh dengan hal-hal spontan. Walaupun kota tujuan sudah direncanakan namun beberapa hal mulai dari tanggal pergi yang belum jelas, penginapan yang belum di pesan, dan destinasi wisata yang akan dikunjungi masih samar-samar. Termasuk destinasi yang satu ini, Lembah Harau!

Lembah_Harau_3

Lembah Harau adalah salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat yang cukup populer. Lembah Harau sendiri terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat yang berjarak sekitar 18 km dari Kota Payakumbuh.

Untuk menuju Lembah Harau dari Payakumbuh, kita dapat menaiki angkot berwarna putih dari Jalan Sudirman, Payakumbuh turun di Harau. Kemudian setelah turun dari angkot, kita dapat menaiki becak motor dengan tarif Rp 40.000,-/jalan (sekali angkut muat 2 orang) untuk menuju Lembah Harau yang memiliki 7 air terjun (Sarasah Bunta). Sedangkan untuk menuju Lembah Harau yang memiliki 1 air terjun (Aka Barayun) dikenakan tarif Rp. 20.000,-/jalan.

Lembah_Harau_ (1)

Dalam piknik kali ini, kita memilih untuk menuju Lembah Harau yang memiliki 1 air terjun (Aka Barayun) dilanjutkan menuju Lembah Harau yang memiliki 7 air terjun (Sarasah Bunta). Untuk perjalanan ini, si bapak pengemudi becak mengenakan tarif Rp 40.000,-/jalan. Jarak kedua tempat tersebut lumayan jauh kalau di tempuh dengan berjalan kaki. Dengan tarif segitu, masih cukup terjangkau lah.🙂

Aka Barayun

Aka Barayun

Kunjungan ke Lembah Harau ini memang cukup memberikan surprise. Tempat yang saya bayangkan hanya berupa tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau ini ternyata memiliki air terjun dengan air yang bersih dan pemandangan yang memukau serta suasana yang menenangkan. Udara sekitar pun cukup segar. Tidak seperti destinasi-destinasi sebelumnya. Nggak nyesel menjadikan Lembah Harau sebagai penutup traveling kali ini.

Untuk menuju air terjun di Lembah Harau, kita tidak perlu susah payah untuk tracking seperti yang dibayangkan. Karena jarak air terjun yang satu dengan yang lain cukup dekat. Selain itu, medan/ jalan menuju air terjun tidak sejauh yang dibayangkan. Hanya berjalan kaki beberapa meter saja, kita sudah dapat menemukan air terjun selanjutnya.

Sarasah Bunta

Sarasah Bunta

Mandi di air terjun Lembah Harau? Kenapa tidak! Walaupun udaranya dingin tidak ada salahnya untuk mencicipi kesegaran air yang ditawarkan Lembah Harau. Agak nyesel juga waktu disana nggak nyebur atau sekedar basah-basahan.

Waktu masuk sekitar kawasan tempat wisata di Lembah Harau ini agak bingung juga karena nggak ada penanda atau loket masuk. Saat kita datang di Sarasah Bunta tidak terlihat orang yang memungut tiket masuk, namun saat kita pulang ada beberapa orang yang membawa kotak seperti meminta retribusi masuk. Kata bapak yang bawa kita dengan becaknya, biaya masuknya Rp 10.000/motor. Nah, kalau kita naik becak ongkos becak sudah termasuk biaya masuk juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: