Santai Sore Menikmati Kesejukan Lembah Anai

Perjalanan dari Danau Singkarak menuju Lembah Anai dapat ditempuh dengan menaiki angkutan umum (bus) dengan rute Singkarak-Terminal Padang Panjang. Kemudian di Terminal Padang Panjang, kita berganti bus menuju Lembah Anai.

Perjalanan Singkarak-Terminal Padang Panjang memakan waktu kurang lebih 45 menit, sementara perjalanan dari Terminal Padang Panjang menuju Lembah Anai hanya memakan waktu 10-15 menit saja.

Lembah Anai (6)

Cukup mudah untuk menemukan air terjun yang menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatera Barat ini karena letaknya yang berada persis di tepi jalan jalur Trans Sumatera yang menghubungkan kota Padang-Bukittinggi.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter tersebut, secara administrasi masuk dalam wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar.

Lembah Anai (1)

Mendekati kawasan Cagar Alam Lembah Anai kita dapat merasakan kesejukan udara yang ada di sekitar. Pemandangan berupa aliran sungai dan pepohonan hijau pun akan menyegarkan penglihatan. Selain itu, di tepi jalan kita juga dapat melihat monyet-monyet yang bebas berkeliaran.

Sesampainya di depan Air Terjun Lembah Anai yang ada di tepi jalan, kita pun memilih untuk menikmati pemandangan tersebut dari atas rel kereta api yang berhadapan dengan air terjun tersebut. Di tempat itu kita bisa duduk-duduk santai menikmati pemandangan dan segarnya udara sambil berfoto-foto.

Lembah Anai (3)

Tak ada salahnya juga turun mendekat ke kolam di bawah air terjun untuk merasakan segarnya air yang turun dari Air Terjun Lembah Anai dengan sekedar membasuh muka. Bila tidak malu, dapat juga mandi untuk menyegarkan diri setelah seharian menempuh perjalanan.

Selain air terjun yang ada di pinggir jalan tersebut, rupanya juga ada beberapa air terjun lagi. Sayangnya, untuk menemukan air terjun lainnya kita harus trekking kurang lebih sekitar 15 menit. Namun karena kita sampai disana sudah sore jadi tidak mencoba untuk trekking menemukan air terjun lainnya.

Di sekitar Lembah Anai kita juga dapat berjalan-jalan melihat-lihat maupun berbelanja souvenir khas dari daerah wisata setempat. Bagi yang tidak membawa bekal berupa makanan ringan maupun minuman, bisa juga membeli di warung-warung kecil yang ada disekitar.

Lembah Anai

Note:

  • Tidak dikenakan biaya retribusi untuk masuk kawasan Cagar Alam Lembah Anai ini.
  • Fasilitas tempat parkir tersedia cukup luas.
  • Ongkos bus Singkarak-Terminal Padang Panjang Rp 12.000,-
  • Ongkos bus Terminal Padang Panjang-Lembah Anai Rp 10.000,-

2 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    Keknya kalo mau masuk bayar deh, 5000an

    • amey Said:

      oh bayar ya. Pas itu nggak kliatan dimana loket retribusi. Nggak masuk deket air terjunnya langsung jadi nggak tau, hueheee


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: