Piknik Asik ke Jam Gadang, Bukittinggi

Jam Gadang di Bukittinggi adalah salah satu tempat wisata yang kita lewati selama pencarian penginapan. Malam itu, ramenya luar biasa. Terlihat di salah satu sudut landmark kota Bukittinggi ini terdapat hiburan musik yang ramai dikelilingi oleh wisatawan.

Jam Gadang Bukittinggi (1)

Sekilas mengenai Jam Gadang

Jam Gadang merupakan bangunan menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Sumatera. Menara ini selesai dibangun pada tahun 1926 sebagai  hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris Fort de Kock.

Jika kita melihat lebih fokus angka romawi yang ada pada Jam Gadang, kalian akan melihat keunikan bahwa jam 4 dalam jam tersebut bertuliskan IIII bukan IV seperti angka romawi yang kita kenal sekarang. Hal tersebut bukanlah kesalahan. Ada yang berpendapat bahwa penulisan nomor dalam romawi pada awalnya memang bervariasi, termasuk penulisan angka 4 dalam IIII. Penjelasan selengkapnya dapat dibaca disini.

Jam Gadang Bukittinggi (2)

Selain keunikan angka romawi 4, Jam Gadang juga memiliki keunikan lain yakni mesin jam yang digunakan dalam menara setinggi 26 meter tersebut hanya diproduksi dalam dua unit. Satu untuk Jam Gadang dan satu lagi untuk Big Ben di London Inggris. Tak tanggung-tanggung jam-nya pun didatangkan langsung dari Rotterdam, Belanda. Tak heran bila, ada yang menyebut Jam Gadang sebagai Big Ben-nya Indonesia.

***

Dulu menara dari Jam Gadang ini bisa dinaiki oleh setiap wisatawan yang datang. Namun sekarang karena usia bangunan yang semakin tua, hanya orang-orang tertentu yang mengantongi ijin saja yang dapat naik ke atas menara.

Namun tak perlu kecewa sebab dari sekitar area Jam Gadang wisatawan tetap dapat menikmati keindahan kota Bukittinggi karena lokasi jam berada memang lebih tinggi sehingga wisatawan dapat melihat dari atas pemandangan jalan raya dan bangunan-bangunan sekitar.

Pemandangan kota Bukittinggi dari area Jam Gadang

Pemandangan kota Bukittinggi dari area Jam Gadang

Pemandangan Kota Bukittinggi dari area Jam Gadang (2)

Pemandangan Kota Bukittinggi dari area Jam Gadang (2)

Area wisata Jam Gadang terbilang cukup ramah bagi wisatawan karena memiliki taman yang luas untuk bersantai dan area untuk berjalan-jalan.

Taman Jam Gadang

Di sekitar landmark kota Bukittinggi ini wisatawan dapat menemukan berbagai souvenir dan kaos khas Bukittinggi. Bila merasa kurang puas dengan barang yang ditawarkan di ruko sekitar, kalian dapat bergeser ke kompleks Pasar Atas Bukittinggi yang letaknya hanya berada di sebelah Jam Gadang.

Toko sekitar Jam Gadang (2)

Tak hanya kaos dan souvenir saja yang dapat ditemukan di sekitar area Jam Gadang, wisatawan pun dapat menemukan jajanan khas Sumatera Barat yakni kerupuk siram.

Pokoknya kalau ke Bukittinggi, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Jam Gadang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: