Nyobain Kuliner Sate Sapi Pak Prapto, Lapangan Karang, Kotagede

Siapa sih yang nggak suka sate? Dari  salah satu makanan khas Indonesia yang disebut sate ini, kita bisa mengetahui bahwa orang Indonesia itu “kreatif”! Alasannya? Karena dari satu makanan berbahan daging ini bisa menghasilkan rasa yang khas dan jenis yang beragam seperti sate madura, sate padang, sate maranggi, sate ambal khas Kebumen, sate klopo khas Surabaya, dan masih banyak lagi lainnya. Ngabsen se-Indonesia kayaknya juga bakal pegel karena di satu daerah saja bisa memiliki beragam jenis sate.

Di Jogja sendiri, ada sate khas yang namanya sate klatak. Selain sate kambing khas Jejeran ini, Jogja juga menawarkan kulineran sate lainnya yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Salah satunya yakni Sate Sapi Pak Prapto, Lapangan Karang, Kotagede.

Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang (3)

Bagi yang nggak suka daging kambing, Sate Sapi Pak Prapto, Lapangan Karang, Kotagede ini bisa jadi alternatif untuk bersantap malam atau kulineran di Jogja.

Sesuai namanya, Sate Sapi Pak Prapto  ini berada di Lapangan Karang, Kotagede. Didekat lapangan tersebut terdapat shelter Transjogja, untuk kesana bisa menaiki Transjogja Trayek 3A/3B.

Walaupun sate ini berada dibawah tenda seperti sate kaki lima, namun rasanya tak kalah nikmat dengan sate-sate yang menempati bangunan tetap. Di warung ini tak ada meja maupun kursi untuk makan. Hanya tersedia tikar yang digelar sehingga pembeli dapat makan dengan santai secara lesehan.

Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang Kotagede (1)

Nggak ada salahnya untuk mencoba kumpul makan disini bareng temen maupun keluarga karena dengan duduk lesehan bisa membuat suasana makan jadi makin akrab bukan?

Untuk satu porsi sate utuh dengan harga Rp 32.000,-, pembeli akan mendapat 10 tusuk sate dan satu piring lontong dengan kuah santan tempe. Sayur tempe (kayak tempe lombok ijo khas Gunung Kidul) tersebut lah yang menjadikan sate sapi unik. Jarang-jarang kan, ada sate yang disajikan dengan kuah lontong. Rasa kuah lontong sayurnya emang juara. Gurih! Saya rasa cocok disemua lidah. Bikin nagih deh pokoknya.

Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang Kotagede (6)

Mengenai satenya, ada tiga pilihan bumbu yang tersedia yakni bumbu kacang, bumbu kecap, dan bumbu kocor. Untuk bumbu kacangnya sangat lembut dan ada sedikit rasa daun jeruk. Sedangkan untuk bumbu kocor yang terlihat seperti kuah tahu guling memiliki rasa manis sedikit pedas.

sate sapi bumbu kocor

sate sapi bumbu kocor

Untuk penyajiannya terdapat perbedaan antara sate bumbu kacang dengan bumbu kocor. Untuk sate bumbu kacang penyajiannya seperti sate pada umumnya daging ditusuk menggunakan tusuk sate sedangkan pada sate bumbu kocor dagingnya telah dilepaskan dari tusuknya. Walaupun sate ini menggunakan daging sapi namun tekstur dagingnya tetap lembut, empuk, dan rasanya juicy.

Harga Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang Kotagede 2016 (Update Juni)

Harga Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang Kotagede 2016 (Update Juni)

Note:

  • Sate Sapi Pak Prapto buka mulai pukul 17.00 WIB
  • Harga Sate Sapi Pak Prapto Lapangan Karang Kotagede
    – Porsi utuh (10 tusuk) Rp 32.000,-
    – Porsi sedang (7 tusuk) Rp 25.000,-
    – Porsi kecil (5 tusuk) Rp 19.000,-

2 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    ngenceess…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: