Tembi Guest House: Penginapan Bernuansa Pedesaan dengan Harga Murah

Saat berlibur ke Jogja kalian lebih sering memilih bermalam di hotel modern di tengah kota atau penginapan dengan nuansa pedesaan dengan suasana yang tenang dan udara yang adem?

Bagi yang lebih suka menginap di hotel modern yang berada di tengah kota tentunya nggak perlu susah mencari, tinggal pilih aja yang sesuai budget baik melalui online maupun langsung datang ke tempat.

Seiring berkembang pesatnya pembangunan hotel modern di Jogja yang menawarkan berbagai fasilitas, rupanya masih ada juga lho yang tertarik untuk menginap di daerah pedesaan. Bagi kalian yang juga lebih senang bermalam di daerah nuansa pedesaan yang tenang tapi bingung mencari dimana tempatnya? Ini dia salah satu pilihannya, Kampung Tembi Guest House.

Kampung Tembi Guest House 4

Kampung Tembi tentunya sudah terdengar familiar kan ditelinga? Yap, apalagi kalau bukan kampung yang terkenal sebagai tempat penyelenggaraan pameran seni. Selain itu, kampung ini juga memang dikenal menawarkan penginapan dengan konsep pedesaan yang masih alami, asri, dan sederhana.

Sesuai namanya, Tembi Guest House terletak di Kampung Tembi tepatnya di Jalan Parangtritis KM 8,5 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Jogja. Kalau dari wilayah Kraton Jogja, kalian dapat menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit saja menaiki kendaraan bermotor.

Kampung Tembi Guest House 5

Untuk menuju kesana lebih disarankan untuk naik ojek (gojek) atau sewa kendaraan agar lebih mudah dan lebih cepat sampai tujuan. Namun, bagi yang ingin menaiki bus bisa juga memilih bus yang menuju Parangtritis dari Terminal Giwangan.

Letak guest house ini tidak berada persis ditengah jalan melainkan masuk di tengah pedesaan dan dekat dengan sawah yang luas dan hijau. Kebayangkan suasananya seperti apa? Cocok banget lah buat yang pengen menyepi dari kesibukan dan keramaian di tengah kota.

Penginapan Tembi Guest House ini menawarkan kamar dalam bentuk rumah lho. Jadi satu kamar menempati sebuah bangunan rumah tradisional. Dalam satu ruangan terdapat tempat tidur, meja rias, kursi santai, kursi kayu yang ditata seperti di ruang tamu, dan kamar mandi yang luas.

Kampung Tembi Guest House (3)

Di bagian teras juga dilengkapi dengan meja dan kursi sebagai tempat untuk bersantai atau santap pagi sambil menikmati suasana sekitar. Selain menyediakan sarapan, Tembi Guest House juga menyediakan menu untuk makan siang, makan malam, dan aneka minuman. Daftar menu dan harga ditempel dalam ruang.

Untuk fasilitas, kamar dilengkapi dengan AC, telepon, dan obat nyamuk elektrik. Selain itu, ada pula pengering rambut (hairdryer). Sayangnya tidak ada penghangat air, namun air yang keluar dari shower tidak terlalu dingin kog. Ada juga fasilitas laundry dengan harga Rp 10.000/kg (10 jam).

Oh ya, saat pertama kali datang kita akan diberi welcome drink wedang uwuh yang merupakan salah satu minuman khas Yogyakarta. Wedang uwuh yang masih panas tersebut disajikan dalam teko yang terbuat dari tanah liat (poci) ditambah dengan gula batu dalam wadah terpisah.

Kampung Tembi Guest House (2)

Penginapan ini sangat cocok untuk menginap bersama keluarga terutama bersama anak-anak karena memiliki kamar dan halaman yang cukup luas.

Masih dalam satu kompleks penginapan, pengunjung juga dapat menemukan galeri yang menjual hasil kerajinan tangan masyarakat sekitar. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan dan hasil kerajinan tangan tempat rokok elektrik dari kulit yang dipasarkan hingga negara tetangga Singapura.

Tertarik untuk menginap disini?

Note:

  • Harga sewa kamar sekitar Rp 300.000,-ribuan per malam
  • Makanan Rp 20.000 – Rp 25.000
  • Minuman Rp 4.000 – Rp 10.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: