Wajah Baru Hutan Pinus Mangunan

Lama nggak main-main ke Hutan Pinus Mangunan rupanya sekarang sudah banyak mengalami perubahan dengan bertambahnya spot untuk berfoto-foto dan makin lengkapnya fasilitas pendukung.

Ngomongin soal fasilitas, kini Hutan Pinus Mangunan sudah dilengkapi dengan mushola dan warung-warung kecil yang siap menjadi pemadam kelaparan kalau kalian lapar setelah keliling-keliling hutan. Buat yang pengen kulineran sate, di sebelah parkiran ada juga lho yang jual sate yaitu Sate Mbak Bella.

Selanjutnya masuk ke area hutan pinus, pengunjung akan disambut oleh gapura dengan dekorasi yang cukup unik.

Hutan Pinus Mangunan 2016 (1)

Hutan Pinus_2016 (7)

Lanjut mengenai spot foto-fotonya, sekarang makin banyak gazebo dan rumah pohon yang dapat dijadikan sebagai obyek jepretan atau tempat selfie cantik. Selain itu, untuk membuat nyaman pengunjung yang berjalan-jalan, pengelola juga telah melengkapi area wisata ini dengan tangga yang tersusun dari batu ataupun kayu.

Hutan Pinus_2016 (6)

Hutan Pinus Mangunan 2016 (4)

Satu lagi tempat/spot baru untuk foto-foto yang cukup menarik perhatian adalah panggung alam. Bahkan tempat ini sempat menjadi perbincangan dunia di media sosial setelah dipublikasikan oleh 9gag sekitar pertengahan bulan lalu.

Hutan Pinus_2016 (1)

Saya pun tak mau ketinggalan untuk menyaksikan langsung panggung alam tersebut. Untuk menyaksikan tempat itu, dari tempat parkir tinggal jalan lurus, nggak perlu nyebrang. Kalau bingung dimana tempatnya jangan malu untuk tanya ke petugas parkirnya daripada nyesel nggak ketemu.

Untuk masuk ke area panggung alam tersebut dikenakan lagi biaya masuk, murah kog Rp 2.500,-/orang saja.

Memasuki area tersebut kita akan dituntun ke panggung oleh jalan setapak yang tersusun dari batu yang ditata apik. Hanya beberapa langkah saja, kota sudah dapat menjumpai panggung alam khas Hutan Pinus Mangunan.

Hutan Pinus Mangunan 2016 (2)

Selama disini, jangan menginjak tempat duduk ya gaes. Itu udah ada papan peringatannya lho, tapi kadang masih banyak yang mengabaikan.😦

Duduk di bangku yang ada di area ini memang terasa sejuk dan syahdu. Dikelilingi pohon pinus yang hijau dan suasana yang tenang, siapa sih yang nggak tertarik untuk datang kesini? Saya sih berharap ke depan panggung alam ini bisa lebih produktif untuk pertunjukkan kesenian misalnya. Jadi bisa lebih berguna, nggak cuma sekedar tempat selfie/narsis aja. Sayang kan kalau ada tempat yang tidak digunakan sesuai fungsinya. Ya, walaupun mungkin tujuan dibangunnya untuk menarik wisatawan.

Hutan Pinus_2016 (2)

Hutan Pinus_2016 (8)

Note:

  • Update retribusi Hutan Pinus Mangunan
    – Parkir motor Rp 3.000,-
    – Parkir mobil Rp 10.000,-
    – Pre-wedding Rp 50.000,-
    – Fotografi Rp 50.000,-

2 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    Mangunan tidak horor seperti duluu, beda jauuuh, kangen sama Mangunan yang lamaaa.

    Fotografi Rp50.000? duh… miskin deh…

    • amey Said:

      Memang beda bgt dibanding dulu sblum ada parkiran & jd t4 wisata kyk skrg pernah cm skedar mampir foto2 gk brani lama2
      Tulisan di retribusinya sih gitu, tp kyknya itu berlaku buat yang pke model2 profesional. *cmiiw


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: