Menyaksikan Fenomena Alam Langka di Gumuk Pasir Parangkusumo

Siapa yang tak tau Pantai Parangtritis? Pantai yang terkenal dengan keindahannya sunsetnya ini memang telah mengundang banyak wisatawan untuk datang menyaksikannya secara langsung.

Tak jauh dari Pantai Parangtritis terdapat sebuah spot yang tak kalah menarik untuk dikunjungi dan diabadikan dalam jepretan kamera. Dimana kah tempatnya? Gumuk Pasir Parangkusumo lah jawabnya.

Gumuk Pasir Parangkusumo (2)

Gumuk Pasir atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Sand Dunes kabarnya hanya ada dua di dunia. Satu berada di Meksiko dan satu lagi ya di Jogja ini.

Fenomena alam langka yang menjadi satu-satunya di Asia Tenggara ini berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kretek, Bantul atau berjarak sekitar 2 km dari Pantai Parangtritis.

Berada di Gumuk Pasir Parangkusumo ini akan membuat kita serasa berada padang gurun pasir Timur Tengah. Bagaimana tidak? Sejauh mata memandang terhampar luas gunungan pasir-pasir lembut berwarna keabuan dan kecoklatan.

Gumuk Pasir Parangkusumo_1

Jika melihat langsung gunungan pasir-pasir tersebut  kalian pasti bertanya-tanya “Dari mana kah asal pasir tersebut?”. Pasir tersebut merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo.

Saat siang hari berada di Sand Dune-nya Jogja ini akan terasa panas menyengat. Agar jalan-jalan di Gumuk Pasir terasa nyaman, pakailah topi atau bawa payung untuk melindungi kepala dari sengatan sinar matahari. Akan tetapi bila ingin berkunjung ke Gumuk Pasir lebih disarankan datang pada saat pagi hari (antara pukul 06.00-09.00) atau sore hari (antara pukul 15.30-18.00) dimana cuaca bersahabat.

Selain dapat melihat keindahan gurun pasir yang hanya ada satu-satunya di Asia Tenggara ini, di Gumuk Pasir Parangkusumo pengunjung juga dapat mencoba bermain sandboarding. Untuk melakukan permainan ini hanya memerlukan papan seluncur. Bila tidak memilikinya, kita dapat menyewa di persewaan yang ada di sekitar Gumuk Pasir.

Setelah membawa papan seluncur, selanjutnya adalah mencari spot untuk berseluncur. Bagi pemula cari saja gunungan pasir menurun yang kira-kira aman sebagai tempat untuk meluncur.

Bila kalian yang sudah familiar dengan olahraga sandboarding, dapat juga mencoba meluncur dari gunungan pasir yang memiliki ketinggian 5 meter-7 meter. Tentu bila meluncur dari ketinggian yang lebih tinggi supaya lebih aman membutuhkan perlengkapan lebih seperti helm, pengaman siku, dan pengaman lutut.

Note:

  • Tidak ada retribusi untuk masuk ke kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo, cukup dengan membayar parkir dan tiket masuk ke Pantai Parangtritis.

1 Comment »

  1. Indonesia Ku Said:

    mantap juga gunungan pasirnya ya


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: