Hutan Mangrove Pantai Congot (Pasir Mendit) Kulon Progo

Kira-kira jenis wisata apa ya yang nggak ada di Jogja? Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner sampai wisata budaya dan sejarah rasanya semua disuguhkan dengan komplit oleh kota ini.

Pas lagi browsing tempat wisata di daerah yang ada di Indonesia tentang hutan mangrove sempet terlintas pertanyaan “Jogja punya hutan mangrove nggak sih?”. Beberapa bulan kebelakang pertanyaan ini akhirnya terjawab oleh adanya foto-foto keberadaan hutan mangrove di Jogja yang diunggah di sosial media Instagram. Dan beberapa waktu yang lalu, akhirnya berkesempatan juga untuk mengunjungi tempat tersebut. Hutan Mangrove Pantai Congot tempatnya.

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (8)

Hutan mangrove ini terletak di di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo. Karena letaknya itu maka ada pula yang menyebut tempat wisata ini dengan nama Hutan Mangrove Pasir Mendit.

Lokasinya memang tidak berada di tepi jalan raya melainkan masuk ke desa, melewati rumah penduduk. Namun, pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat ini karena rute menuju lokasi sudah dilengkapi penunjuk jalan. Walaupun masuk ke desa, jalan menuju hutan mangrove cukup untuk dilewati mobil.

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (4)

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (7)

Sebenarnya keberadaan tanaman mangrove disini sudah ada sejak tahun 1989. Namun, baru awal tahun 2016 tempat tersebut dikembangkan sebagai tempat wisata yang ditandai dengan penambahan fasilitas berupa jembatan bambu yang mempermudah pengunjung untuk berkeliling menikmati suasana dan keindahan alam sekitar.

Selain berfoto-foto dan trekking mengelilingi kawasan hutan mangrove, pengunjung juga dapat menemukan pantai berpasir hitam dan tanaman mangrove yang berbentuk seperti goa namanya Goa Mangrove.

In frame Nabila

In frame Nabila

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (3)

Buat kalian yang akan berkunjung ke Hutan Mangrove Pasir Mendit disarankan datang saat pagi atau sore hari dimana cuaca tidak sedang panas-panasnya dan udaranya nyaman untuk berjalan-jalan.

Saat berkeliling tidak ada salahnya untuk membawa makanan atau minuman tetapi jangan buang sampahnya sembarangan. Di sekitar kawasan wisata ini juga ada warung-warung kecil yang dapat digunakan untuk berteduh dan beristirahat sejenak setelah berkeliling hutan mangrove sambil minum atau makan makanan kecil. 

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (6)

Hutan mangrove pantai congot pasir mendit (5)

Harga tiket masuk Hutan Mangrove Pantai Congot/Pasir Mendit Rp 3.000,-/orang. Untuk parkir Rp 2.000,-/motor dan Rp 5.000,-/mobil.

2 Comments »

  1. Indonesia Ku Said:

    siapa yang mengelola hutan mangrove?

    • amey Said:

      sepertinya masyarakat setempat. CMIIW


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: