Segarnya Sop Tunjang Pertama Khas Pekanbaru

Buat kalian yang berlidah Jawa alias nggak suka makanan pedes-pedes dan suka yang seger-seger pastinya bingung dong memilih makanan apa yang akan dimakan ketika menginjakkan kaki di Kota Madani. Nah, salah satu makanan yang pas untuk dicoba adalah sup tunjang.

sop tunjang

sop tunjang

Sup tunjang adalah sup tulang sapi dengan balutan daging yang dimasak hingga dagingnya empuk. Masakan tradisional ini termasuk makanan khas Riau yang lezat. Untuk menemukan sup tunjang di Pekanbaru rasanya tidak terlalu susah. Namun, ada salah satu warung yang wajib kalian coba menu sup tunjang-nya. Tempatnya adalah Sop Tunjang Pertama.

Warung Sop Tunjang Pertama terletak di Jalan Pinang No.36, Pekanbaru. Letaknya memang tidak berada ditepi jalan besar (agak masuk ke gang) tapi nggak jauh-jauh amat kog kalau jalan kaki dari Jl.Jendral Sudirman. Selain di Jalan Pinang, warung Sop Tunjang Pertama juga buka di Jalan Subrantas, Tampan dan Jalan Soekarno-Hatta, Arengka, Pekanbaru.

Membahas soal rasa sup tunjang jadi kebayang dan langsung pengen makan masakan berkuah yang satu ini. Untuk sup tunjang sih saya cuma nyicipin kuahnya aja dan rasanya grrrr top markotop-lah pokoknya. Karena dasarnya nggak pinter makan tulang jadi nggak nyicipin bagian tulangnya.

sop daging

sop daging

Dua kali ke warung Sop Tunjang Pertama, saya lebih milih buat pesen sup daging karena makannya nggak repot. Didalam sup daging ini terdapat irisan daging sapi dan gajih. Dagingnya lumayan banyak kog dan yang paling saya suka adalah kuahnya yang seger ditambah dengan taburan bawang goreng yang krispy. Kuahnya emang juara, nggak perlu ditambah sambal ataupun kecap rasanya udah gurih dan jempolan. Pokoknya kalau ke Pekanbaru, coba sendiri aja.

Selain enak, harga sup tunjang disini juga murah meriah. Untuk satu mangkuk sup baik sup tunjang maupun sup daging harganya Rp 17.000,- saja. Tersedia juga lauk pelengkap seperti keripik pedas Rp 3.000,-/bungkus dan telur asin Rp 5.000,-/butir.

sup tunjang beserta lauk pelengkap

sup tunjang beserta lauk pelengkap

Untuk minumannya, ada es (teh/jeruk), jeruk/teh hangat, dan aneka jus. Waktu itu minuman yang sempet kita cicipi adalah jus nanas. Rasanya cesss banget di lidah dan tenggorokan. Harga jusnya Rp 12.000,-/cup. Masih cukup terjangkau kan..

Selain sup tunjang dan sup daging, Sop Tunjang Pertama juga menyediakan menu sup sumsum. Sepertinya sup sumsum ini adalah sup yang paling laris. Kalau kesana diatas jam 12.00 siang pasti udah nggak kebagian. Warung ini sendiri buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

4 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    jadi laper :((
    *ngencees

  2. mawi wijna Said:

    Duh! Kenapa aku baru baca ini pas udah balik dari Pekanbaru. Jalan kaki di Jl. Jend. Sudirman panasnya luar binasa…

    • amey Said:

      waaaa, masih kurang beruntung mas wijna.. Jalan kaki pas malem-malem sih, hehe. Kalau siang ya jangan ditanya, bisa meleleh.😀


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: