Mengetahui Sejarah Kraton dan Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu (2)

Museum Ullen Sentalu merupakan sebuah museum milik swasta yang menyimpan koleksi kebudayaan Jawa terutama Kraton Jogja dan Solo. Museum ini juga memiliki dokumentasi terkait sejarah dan budaya kraton Jogja dan Solo serta kedaulatan/keistimewaan Yogyakarta.

Memasuki Museum Ullen Sentalu kita akan dipandu oleh seorang guide. Seorang guide akan memandu maksimal 25 orang untuk menjelaskan mengenai koleksi yang ada di dalam museum. Bagaimana bila kita datang sendiri? Tenang saja, kita akan dimasukkan dalam sebuah rombongan atau digabungkan dengan pengunjung lain dalam satu rombongan.

Museum Ullen Sentalu terletak di Jl. Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk menuju museum ini disarankan membawa kendaraan sendiri karena lokasi museum yang agak tersembunyi.

Mengawali tour, kita akan diajak untuk menyusuri bangunan/ruang bernama Guo Selo Giri. Di dalam Guo Selo Giri ini terdapat koleksi berupa foto-foto, lukisan, dan gamelan yang telah berumur 50 tahunan. Satu yang menarik dalam Guo Selo Giri ini adalah adanya lukisan 3 dimensi dimana arah bola mata sosok dalam lukisan seakan melihat kita dari arah manapun kita memandangnya (bola mata akan mengikuti seperti melihat kita).

Ruang tour selanjutnya, Kampung Kambang. Di bagian tour kali ini, kita dapat menemukan koleksi diantaranya berupa macam kain batik, surat-surat untuk Putri Tineke. Yang paling saya ingat dari tour ini adalah penggunaan kain batik motif udang tidak boleh digunakan untuk acara formal karena dalam Islam sendiri tidak boleh dilakukan penggambaran makhluk hidup. Jadi, budaya Jawa dan Islam itu ada hubungannya.

Setelah tour ke Kampung Kambang, guide akan mengajak kita ke sebuah ruangan untuk menikmati salah satu minuman khas Kraton yang dipercaya membuat awet muda. Boleh percaya, boleh tidak?πŸ˜€

sumber gambar: seethatseethis.wordpress.com

sumber gambar: seethatseethis.wordpress.com

Terakhir setelah minum ramuan awet muda, kita akan diajak untuk melihat potongan relief Candi Borobudur yang dibuat miring yang menggambarkan bahwa generasi muda sekarang sudah jarang untuk mau mengenal budayanya sendiri. Nah, disini kita boleh berfoto-foto sebentar. Untuk kemudian melanjutkan tour ke Taman Arca Durga yang memajang koleksi patung-patung dan Ruang Budaya yang berisikan patung penari Jawa, patung Sinuhun Bobby, dan beberapa lukisan.

relief miring

relief miring

Dari tour terakhir, terdapat salah satu patung cukup menarik yaitu Patung Dewa Ganesha. Ganesha merupakan dewa ilmu. Saat melihat patung tersebut dijelaskan bahwa kepala Dewa Ganesha tersebut merupakan tempat untuk menyimpan ilmu pengetahuan karena saking banyaknya ilmu yang disimpan di kepala Dewa Ganesha dan tidak muat hingga sebagian ilmu pengetahuan disimpan di perut Dewa Ganesha. Maka dari itu Dewa Ganesha memiliki perut buncit yang melambangkan gudang pengetahuan. (hayo, yang berperut buncit sepertinya bisa berbangga hati,πŸ˜› )

Museum_Ullen_Sentalu (1)

Pintu keluar sama parkir motornya jauh

Pintu keluar sama parkir motornya jauh

***

Ini memang bukan pertama kalinya saya berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Pada awal tahun 2010, saya pernah mengunjungi museum ini atas rekomendasi salah seorang teman. Kata yang tepat untuk menggambarkan kesan pertama saat mengunjungi museum ini dari luar yaitu unik dan angker. Memasuki museum kita dapat merasakan ketenangan dan kesan mistis karena wewangian dari bunga-bunga yang ditaruh di setiap sudut museum.

Namun ternyata sekarang sudah banyak perubahan yang terjadi pada museum ini. Kesan pertama saat mengunjungi museum ini sudah tak terasa lagi. Kenapa? mungkin karena jumlah kunjungan yang semakin banyak jadi kesan-kesan tersebut sudah kabur.πŸ˜€

Perubahan positifnya di Museum Ullen Sentalu yaitu area keliling museum makin luas, koleksi makin bertambah, dan kunjungan ke museum juga tambah ramai. Negatifnya jumlah rombongan keliling museum banyak jadi nggak fokus dan guide terkesan terburu-buru karena berlomba dengan rombongan lain agar tidak terjadi penumpukan.

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu Rp 35.000,- untuk orang dewasa. Sedangkan untuk pelajar dikenakan Rp 15.000,-/orang.

1 Comment »

  1. Inilah keunikan negri tercinta ini banyak budaya yang mempunyai nilai histris yang sangat unik dan masih banyak yang belum Anda kunjungi di negri tercinta ini


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: