Segarnya Saoto Bathok Mbah Karto di Sambisari, Kalasan

Akhirnya kesampaian juga untuk icip-icip Saoto Bathok Mbah Karto. Anak-anak Jogja pastinya udah tau kan ya tentang ketenaran kuliner yang emang lagi hits ini. Saoto Bathok Mbah Karto memang bisa dibilang sebagai pendatang baru di dunia kuliner Jogja.

Saoto Bathok Mbah Karto

Saoto Bathok Mbah Karto

Saoto Bathok Mbah Karto merupakan soto sapi berkuah bening yang gurih. Yang membedakan soto ini dengan soto di tempat lain adalah penggunaan tempurung kelapa (dalam bahasa Jawa disebut bathok) sebagai mangkoknya. Selain itu, tempat makan soto bathok ini pun juga cukup nyaman dan syahdu karena berada di tengah persawahan yang hijau. Kesan tradisional pun sangat terasa saat makan di tempat ini.

Memasuki warung Saoto Bathok Mbah Karto, kita akan disambut deretan saung-saung bambu yang berjejer rapi. Sebelum memilih tempat duduk, di depan warung kita harus memesan makanan dan minuman apa yang dipilih, setelah itu kita akan diberi nomor tempat duduk. Kita bebas memilih tempat mana yang akan kita gunakan asal tempat tersebut sedang tidak dipakai orang lain.

Menilik sedikit tentang saoto. Saoto merupakan sebutan lain soto di daerah Solo. Untuk satu porsi Saoto Bathok Mbah Karto ini terdiri dari nasi putih dengan kuah bening yang berisi tauge dan potongan daging sapi. Untuk lauknya tersedia pilihan sate telur puyuh dan tempe goreng.

Untuk 2 porsi soto bathok, 2 jeruk hangat, dan 6 tusuk sate telur puyuh cukup membayar Rp 26.000,-. Kalau sate telur puyuh dihitung Rp 2.000,-/tusuk dan jeruk Rp 2.000,-/gelas berarti harga satu porsi soto bathok ini Rp 5.000,-.

Saoto Bathok Mbah Karto sendiri terletak di utara Candi Sambisari, Kalasan tepatnya di Jalan Candi Sambisari, Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Dari Candi Sambisari, kita dapat menuju warung soto ini dengan berjalan kaki.

5 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    Pingin ke sini tapi rame nggak sih? Maklum dah populer banget kayaknya

    • amey Said:

      rame banget mas, tapi kalau kita dateng tersedia tempat kosong kog.. atau dateng pagian gitu mungkin blm rame2 bgt. Ada yg bilang jam 7 udah buka tp gak tau bener apa egk, hehe..

      • mawi wijna Said:

        wokeh, nanti aq cek ke lokasi jam 7 pagi

      • amey Said:

        CMIIW, hehe..

  2. ini jam 6 pagi juga sudah buka ko, ada diplangnya tertulis


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: