Sendratari Ramayana: Satu dari Wisata Malam di Jogja yang Tak Boleh Terlewatkan

Sendratari Ramayana adalah salah satu karya megah budaya di Indonesia yang akan membuat setiap mata penikmatnya berdecak kagum. Mulai dari alur cerita, pertunjukkan tari, musik pengiring, hingga lighting benar-benar membentuk perpaduan pertunjukkan yang apik.

Sendratari Ramayana Prambanan (4)

Dalam pertunjukkan tari nan megah ini akan ada sedikit narasi yang dibacakan dalam 3 bahasa yaitu bahasa jawa, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. Selama jalannya pertunjukkan tidak akan ada narasi maupun dialog jadi wajib baca-baca dulu cerita tentang kisah Rama dan Shinta biar gak bingung.

Sedikit ulasan mengenai Sendratari Ramayana, Sendratari Ramayana menceritakan tentang kisah Rama untuk menyelamatkan Shinta yang diculik oleh Rahwana. Rama adalah seorang putra mahkota Kerajaan Ayodya yang berhasil memenangkan sayembara untuk bersanding dengan Dewi Shinta dari Negeri Mantili. Sementara itu, Rahwana yang merupakan raja Alengkadiraja juga sangat menginginkan untuk memperistri Dewi Shinta yang dianggap sebagai titisan Dewi Widowati yang selama ia cari.

Pagelaran ini digelar dengan jadwal tertentu dimulai sekitar pukul 19.00 dan berakhir 21.00 WIB di kompleks Candi Prambanan yang beralamat di Jl. Raya Yogya โ€“ Solo Km. 16 Prambanan, Yogyakarta. Terdapat 2 area pertunjukkan di kompleks tersebut yaitu di Gedung Trimurti (indoor) dan panggung terbuka dengan background Candi Prambanan (outdoor). Gedung indoor hanya digunakan saat musim hujan.

Kebetulan waktu KKN dulu dapet kesempatan buat ikut menyaksikan Sendratari Ramayana karena muda mudi desa setempat mendapat kesempatan untuk menjadi penari dalam pertunjukkan dan kita pun ditawari untuk ikut menonton pertunjukkan tersebut. Dan inilah untuk pertama kalinya bisa nonton pertunjukkan Sendratari.

Sendratari Ramayana Prambanan (5)

Sebelum pertunjukkan dimulai saya pun diajak masuk ke ruang mackup dan melihat para penari-penari merias diri. Diruang mackup tersebut kita dapat melihat bagaimana para penari-penari tersebut merias dan menyiapkan keperluan mereka sendiri tanpa bantuan mackup artis atau wardrobe. Keren kan! Disitu saya melihat seseorang yang familiar, ternyata dia adalah Dalijo yang dikenal sebagai pemain Obrolan Angkringan di TVRI. Nah, dalam pertunjukkan Sendratari, ia berperan menjadi Rama.

Sebelum acara dimulai saya menuju kursi penonton, bukannya sampai ke tujuan. Eh, lha malah nyasar ke panggung pertunjukkan tari karena masih sepi saya dan seorang teman pun berfoto-foto terlebih dahulu dengan background berlatar Candi Prambanan. Hal ini sebenarnya hanya boleh dilakukan saat pertunjukkan usai, tapi apa boleh buat karena ada kesempatan dan ketidaktahuan kita jadilah.

IMG_3877

 

Untuk jalannya pertunjukkan sepertinya nggak perlu dicritakan disini. Cukup satu kata, KEREN! Biar foto yang bercerita. Yang paling berkesan dari pertunjukkan ini yaitu pada bagian ending dimana โ€œAnoman Diobongโ€ atau berhasil dikalahkan oleh Rama.

Sendratari Ramayana Prambanan (2)

Sendratari Ramayana Prambanan (3)

Seusai pertunjukkan penonton pun dapat maju ke panggung dan berfoto2 dengan penari lho. Pokoknya kalau ke Jogja, sempatkan diri deh untuk menonton pertunjukkan Sendratari Ramayana di Prambanan.

Perlu diketahui bila selama pertunjukkan dilarang mengambil foto menggunakan blitz karena dikhawatirkan dapat mengganggu/merusak pertunjukkan.

Note:

Harga tiket pertunjukkan mulai dari Rp 100.000,-
Pertunjukkan mulai pukul 19.30-21.30 WIB.
Jadwal pertunjukkan dapat diupdate disini.

sumber: bubuhansamarinda.com

sumber: bubuhansamarinda.com

 

9 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    Wekekeke, mahasiswa KKN memang dapet free access ke mana-mana. Aku dulu aja pas KKN juga dapet akses masuk ke Prambanan subuh-subuh.๐Ÿ˜„

    Sendatari Ramayana itu paling top pas Hanoman mbakar kerajaan Alengka. Keren pokoknya!

    • amey Said:

      KKN dimana mas?๐Ÿ˜€
      Bener banget pas mbakar2 itu TOP bgt..๐Ÿ™‚

      • mawi wijna Said:

        Kebondalem Kidul mbak. Dirimu di mana?

      • amey Said:

        di Kulon Progo sih,๐Ÿ˜€.

      • mawi wijna Said:

        wow, jauh juga maennya mpe Prambanan

  2. Tuan Pembual Said:

    au rung tau ndelok…

  3. bersapedahan Said:

    pengen bangettt nonton sendratari ramayana ini … belum kesempatan mulu … baca ini jadi kepengen lagi … wk wk wk

  4. almaas Said:

    kemaren nonton seru banget soalnya aku ngefens sama dalijo. love you dalijo pengen di peluk


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: