Cara Pengurusan Mutasi SIM dari Kota Jogja

Mutasi SIM adalah pembuatan SIM yang dilakukan karena alamat pada SIM tidak lagi sesuai dengan KTP yang berlaku. Karena perpanjangan SIM memerlukan KTP sesuai alamat yang tertera pada SIM maka bila alamat KTP sudah berpindah pemohon harus melakukan mutasi SIM agar dapat melakukan perpanjangan SIM sesuai domisili yang tercantum pada KTP.

Untuk pengurusan mutasi SIM ini dapat diwakilkan. Sehingga bila pemohon sudah tinggal jauh diluar kota/luar pulau dan tidak bisa melakukan pengurusan sendiri, dapat dilakukan dengan bantuan orang terdekat seperti saudara/teman. Ingat! Jangan menggunakan calo karena proses pengurusan mutasi SIM ini sangat mudah dan cepat.

Syarat yang diperlukan untuk mengurus berkas mutasi SIM dari daerah asal:
1. Fotokopi KTP (2 lembar)
2. Fotokopi SIM (2 lembar)

Untuk prosedur selanjutnya, serahkan fotokopi KTP dan SIM tersebut kepada petugas yang berjaga di Ruang Arsip Satpas Polresta Yogyakarta (khusus pengurusan di Kota Yogyakarta). Setelah itu, petugas akan membuatkan surat/berkas untuk mutasi. Pemohon tidak perlu mengisi formulir atau apapun hanya menunggu kurang lebih selama 30 menit surat sudah jadi.

Dalam pengurusan mutasi SIM ini dikenakan biaya Rp 25.000,-. Berdasarkan keterangan bapak yang bertugas biaya tersebut untuk pengiriman berkas ke daerah tujuan. Namun, surat/berkas yang diberikan kepada pemohon tetap harus dibawa saat pengurusan SIM di daerah tujuan nanti. Masa berlaku surat mutasi tersebut hanya 2 bulan saja, lebih dari itu pemohon harus mengembalikan surat tadi ke daerah asal.

Untuk pengurusan mutasi SIM wilayah kota Yogyakarta dilayani di Satpas Polresta Yogyakarta yang berada di kawasan Malioboro tepatnya samping Istana Sultan Agung. Pelayanan di Satpas Polresta Yogyakarta dilayani pada hari Senin-Kamis 08.30-12.00 WIB, Jum’at 08.30-11.00 WIB, dan Sabtu 08.30-10.00 WIB.

Selanjutnya pengurusan perpanjangan SIM di daerah tujuan harus membawa:
1. SIM asli + fotokopi (3 lembar),
2. KTP asli + fotokopi (3 lembar),
3. Surat mutasi SIM dari daerah asal SIM dibuat,
4. Surat kesehatan.

Biaya perpanjangan SIM C berdasarkan aturan yang berlaku Rp 75.000,-. Untuk pengurusan perpanjangan SIM dapat dibaca disini.

Demikian informasi pengurusan mutasi SIM. Mudah dan cepat bukan?

1 Comment »

  1. […] mutasi dari blog mbak femes coba saya terapin. Hasilnya gagal […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: