Melihat Keindahan Alam Jogja dari Ketinggian di Hutan Pinus Becici

Selain Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus, Kecamatan Dlingo, Imogiri banyak menawarkan tempat-tempat berbentuk bukit dengan view menawan. Salah satunya adalah Puncak Bukit Becici.

view berkabut

view berkabut

view dari gardu pohon kedua

view dari gardu pohon kedua

Puncak Bukit Becici berada dalam wilayah Resort Pengelolaan Hutan Mangunan yang terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Munthuk, Kecamatan Dlingo, Bantul. Untuk menuju Bukit Becici dapat ditempuh dengan waktu 30 menit dengan mengendarai kendaraan bermotor dari Terminal Giwangan.

Hutan Pinus Becici

Hutan Pinus Becici

Dibanding Hutan Pinus yang ada di bawah, Hutan Pinus di Becici ini bisa dibilang lebih nyaman karena belum terlalu rame. Selain sudah dilengkapi dengan tempat duduk yang terbuat dari kayu, disini juga terdapat beberapa ayunan. Menariknya lagi dibeberapa titik Hutan Pinus Becici ini terdapat tulisan-tulisan yang akan mengingatkan kita pada kebersihan dan fungsi hutan. Jadi, gak cuma menawarkan wisata alam alam saja tetapi juga bisa menjadi tempat wisata edukatif. Sama seperti hutan pinus lainnya, pohon pinus disini juga disadap untuk diambil getahnya.

sadap getah pinus, jangan main korek disini ya

sadap getah pinus, jangan main korek disini ya

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bukit_Becici (2)

Sepanjang perjalanan menuju puncak kita akan disuguhi sejuknya udara dan pemandangan hijau yang memanjakan mata. Mendekati puncak, saya melihat di sebelah kiri terdapat sebuah makam yang bertuliskan KRT Sudjonodipuro Putra Lurah Sepuh Munthuk pada kijingnya. Karena tempat masih sangat sepi, beruntung nggak sendirian jadi gak begitu merinding… O,ya di dekat perjalanan menuju puncak juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa dimaanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai. Kalau bawa bekal dan dimakan disana sambil menikmati keindahan alam kayaknya asyik juga, kapan-kapan perlu dicoba nih.🙂

Bukit_Becici (7)

salah satu gazebo di Becici, sampah berserakan :(

salah satu gazebo di Becici, sampah berserakan😦

Dan jreng..jreng.. sampailah di puncak, sayang kondisi masih berkabut dan Gunung Merapi tampak samar. Tapi gak kecewa karena masih tetep kelihatan indah kog viewnya. Di Puncak Becici juga terdapat pohon seperti di Kalibiru yang berfungsi sebagai gardu pandang. Beruntung pas sampai sana masih sepi dan jadi yang pertama sampai puncak jadi bebas mau naik pohon dan foto-foto.🙂

Bukit_Becici (1)

gardu pohon pertama

gardu pohon pertama

gardu pohon kedua

gardu pohon kedua

Ada 2 pohon yang bisa kalian naiki dan kayaknya bakal nambah 1 pohon lagi.🙂 Untuk pohon pertama, saya coba naik tangganya agak kurang kuat. Kemudian saya coba pohon kedua, tangganya lebih tinggi dan lebih kuat. Kalau di Kalibiru naik pohon tersebut harus antri dan dikenakan tarif, disini masih GRATIS dan bila datang lebih awal bisa langsung naik tanpa antri. Asyik bukan? Selain indah dan sejuk, Puncak Becici juga menawarkan sunset yang menawan saat sore hari. Kapan-kapan kudu kesini lagi nih, buat buktiin keindahan sunsetnya.🙂

Bukit_Becici (8)

Buat yang belum tau rute menuju Hutan Pinus/Kebun Buah Mangunan, kalian bisa ambil start dari Terminal Giwangan tinggal lurus ke selatan lewat Jl. Imogiri Timur sampai pertigaan Pasar Imogiri ambil kiri/ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan, sampai pertigaan menuju Kebun Buah Mangunan/Hutan Pinus ambil jalan lurus. Nah, kemudian dari Hutan Pinus tinggal lurus terus, pertigaan pertama ambil kiri, pertigaan kedua ambil kiri, ikuti aja jalannya +- 600 meter sampai ketemu spanduk “Selamat Datang di Puncak Pinus Becici”, +-200 meter kita akan dihadapkan pada jalan berbatu dan sampai deh di Hutan Pinus Becici.

Note:

  • Untuk masuk ke kawasan Hutan Pinus Becici ini tidak dikenakan tiket masuk hanya cukup membayar biaya parkir Rp 2.000,-/motor.
  • Bila berkunjung kesini jagalah kebersihan, buang sampah pada kantong-kantong yang telah tersedia.

6 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    besok2 bisa makin rame ini tempat. Tapi ya semoga sebagian ramainya Mangunan bisa pindah ke mari lah. Biar Mangunan nggak bgitu rame.

    • amey Said:

      biar ada pemerataan pendapatan warga sekitar, mas..

  2. […] ke tempat-tempat wisata di Imgogiri lainnya seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Becici, dan Air Terjun […]

  3. aaaakkk cantik benerr view dari atasnya, asal jangan nanti kayak tebing keratonnya Bandung aja yah, udah rame, biaya masuk mahal tapi oraang-orang yang dateng pada nyampah :(( sediihh

    • amey Said:

      semoga aja nggak berubah seperti itu..

  4. […] Becici Puncak Becici berada searah dengan Hutan Pinus Mangunan, bila kurang puas dengan suasana di Mangunan kalian dapat […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: