Piknik ke Ketep Pass, Magelang

Magelang, sebagai destinasi wisata nggak cuma punya Candi Borobudur aja lho buat dikunjungi. Kota yang berjarak tak jauh dari Yogyakarta ini juga masih punya tempat-tempat menarik lainnya yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Ketep Pass.

Ketep Pass part 1

Ketep Pass part 1

pose nggak siap :p

pose nggak siap :p

Ketep Pass merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang berada di kawasan pegunungan tepatnya di daerah Sawangan, Magelang, Jawa Tengah yang dapat dijangkau dari Jogja selama 1,5 jam perjalanan. Tempat wisata yang berada di ketinggian 1200 mdpl dengan luas 8.000 meter persegi ini dikembangkan khusus untuk wisata kegunungan.

Di Ketep Pass bisa ngapain aja sih? Di dalam ruang serupa bioskop mini kalian bisa nonton video dokumentasi meletusnya Gunung Merapi dengan durasi sekitar 20 menit. Terus bisa jalan-jalan, hunting foto, dan kalau laper bisa juga jajan. Kalau cerah dari pelataran Ketep Pass yang dinamai Panca Arga, pengunjung bisa melihat 5 gunung sekaligus yaitu Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, dan Slamet. Selain bioskop mini, Ketep Pass juga dilengkapi dengan teropong yang dapat digunakan dengan mengisi koin yang dapat dibeli di petugas penjaga. Dengan teropong ini pengunjung dapat melihat puncak Gunung Merapi dan gunung-gunung lainnya.

view Merapi setelah erupsi

view Merapi setelah erupsi

View Gunung Merapi

View Gunung Merapi

Selama ini saya ke Ketep Pass baru 2 kali, sekitar tahun 2010 dan setelah erupsi Merapi. Pasca erupsi Merapi, abu pun masih menempel di kawasan Ketep Pass. Sebelum dan sesudah erupsi Gunung Merapi tempat ini memang tidak terlihat terlalu berubah. Hanya saja setelah erupsi Merapi terlihat beberapa sudut memiliki pemandangan yang gundul dan agak kering.

trio kwek-kwek tapi lanang kabeh :p

trio kwek-kwek tapi lanang kabeh :p

awuwuwu :)

awuwuwu🙂

2 Comments »

  1. mawi wijna Said:

    berkali-kali ke ketep pass belum pernah ngelihat 5 gunung sekaligus…😦

    • amey Said:

      sama mas, yang keliatan cuma 3. semoga lain kali beruntung😀


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: