Ngetrip Asyik di Pangandaran, Jawa Barat

Kalau nggak salah inget, trip ini dilakukan sekitar bulan April 2012 yang jelas waktu itu masih musim penghujan. Dan untuk pertama kalinya ngetrip agak jauh bareng kak @tuanpembual. Tapi kita gak cuma berdua, tapi bersama dengan Mas Ali dan Mbak Alfi. Start dari Stasiun Lempuyangan, kita menuju ke Pangandaran. Pangandaran merupakan salah satu kawasan yang cukup terkenal sebagai destinasi wisata di Jawa Barat. Wilayah ini terkenal karena keindahan pantainya. Pantai Pangandaran sendiri berada di Ciamis.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Waktu itu kereta berangkat sekitar pukul 20.00 dan sampai di Stasiun Banjar jam 03.30 pagi. Sesampainya disana sambil menunggu subuh dan menunggu bus yang menuju Pangandaran, masing-masing sibuk sendiri-sendiri. Ada yang tidur, jajan, dan cari info bus untuk sampai ke Pangandaran. Setelah adzan terdengar, saya dan kak @tuanpembual segera shalat, sedangkan mas ali dan mbak alfi sibuk mencari bus. Beruntung ketika selesai shalat langsung dapet bus dan bus langsung berangkat, hihi..

penampakan sunrise dari dalam bus

penampakan sunrise dari dalam bus

Ditengah perjalanan, kenek meminta ongkos, kalau gak salah dulu bayar sekitar 10.000 per orang. Pukul 05.30 pagi ternyata sudah banyak anak-anak sekolah yang menaiki bus tersebut. Tak lama sekitar pukul 05.45 tiba-tiba bus berhenti perlahan ke tepian jalan. Ternyata ban belakang kempes/bocor dan penumpang harus turun menunggu bus ganti ban. Akhirnya sampai di Pangandaran pukul 07.30an itu pun karena jalan kaki dari pintu masuk hingga pantai. Kalau yang males atau capek jalan bisa naik becak tepat di depan bus berhenti.

Sesampainya di pantai, kita masih menunggu satu orang lagi yaitu Mas Dion. Setelah komplit, kami pun segera mencari penginapan, kebetulan waktu itu bersamaan dengan longweekend jadi tarif perkamar dpt Rp 250.000/malam dgn fasilitas kamar mandi dalem, kipas angin, dan tv. Sekamar bisa buat berdua, kasurnya juga lebar. Kata bapak yang punya kalau pas gak liburan sewa kamar cuma Rp 75.000/mlm. Sesudah dapat penginapan, jalan-jalan ke pantai plus cari makan. Yang paling murah selama disana ya cuma pecel harganya Rp 5.000 an. Kalau plus tempe tahu jadi 6.000 an. Pecel disajikan dengan dipincuk dan pecel disini nggak pakai nasi lho. Kalau di Jogja jaman itu makan 5000-6000 udah dapet kenyang sama nasi. **Lhah, namanya juga tempat wisata**

Mbak Alfi makan pecel

Mbak Alfi makan pecel

Setelah puas bermain dipantai kita kembali ke penginapan, rencananya habis dzuhur mau capcus snorkeling. Tapi malah pada molor dan akhirnya jam 2an sambil ngantuk-ngantuk beragkatlah untuk snorkeling. Untuk sampai ke spot snorkeling dari Pantai Pangandaran, kita harus menyewa perahu, untuk bolak balik tarifnya Rp 300.000/kapal. Perjalanan aslinya nggak sampai 5 menit tapi muter-muter dulu sampai ke tengah laut.

ready go!

ready go!

di tengah laut

di tengah laut

Ditemani grimis snorkeling pun dimulai. Sewa alatnya 15.000/orang. Tepian pantai disini cukup bagus lho ternyata, banyak ikan-ikan kecil dan biota laut yang cantik.

snorkeling sambil main hujan

snorkeling sambil main hujan

pasangan sebelah kiri udah nikah dan punya momongan termasuk yang motoin, kita kapan? *ditutuk

pasangan sebelah kiri udah nikah dan punya momongan termasuk yang motoin, kita kapan? *ditutuk

Setelah puas bersnorkeling ria, kembali-lah ke Pantai Pangandaran dan penginapan untuk mandi. Selepas magrib, kami pun jalan-jalan di sekitar Pangandaran buat cari toko. Pas sampai tokonya, breeees! hujan turun. Kalau nggak hujan niatnya mau pada nikmati suasana malam di pantai, tapi apadaya karena cuaca nggak mendukung ya kembali ke penginapan sambil hujan-hujanan deh.😀 Paginya bangun subuh mau liat sunrise tapi ternyata kalau mau liat matahari terbit harus nyebrang dulu pakai kapal karena budget pas-pasan kita pun memilih untuk jalan-jalan di sekitar Pantai Pangandaran dan foto-foto deh.

berlima

berlima

berdua :D

berdua😀

Capcus pulang dengan menaiki bus…

Tambahan: Di sekitar Pantai Pangandaran sudah banyak penginapan mulai dari harga murah. Ada juga hotel yang tepat menghadap pantai. Buat yang pengen bermalam disini nggak perlu bingung tinggal pilih saja.🙂

Note: Foto diambil dari album foto di akun facebook Restu Van Malay.

2 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    sendal yg ditenteng udah ngilang kemana.. :((

    • amey Said:

      muhaha, ya wajar wes 3 tahun yang lalu. kangen piknik bareng😦


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: