Air Terjun Lepo: Pilihan Wisata Murah Jogja di Tengah Pedesaan

Sebelum banyak travel blogger, setahu saya air terjun yang ada di Jogja itu cuma ada 2 yaitu di Tlogo Putri Kaliurang, Sleman dan air terjun di dekat Pantai Parangtritis, Bantul. Ternyata, Jogja nggak cuma punya dua air terjun itu saja lho. Seiring dengan perkembangan wisata Jogja, sekarang sudah banyak air terjun yang bisa dijelajahi di Jogja, seperti yang satu ini. Air Terjun Lepo namanya.

Air Terjun Lepo tingkat pertama

Air Terjun Lepo tingkat pertama

Ada yang menyebut Air Terjun Lepo ini sebagai curug atau grojogan karena ketinggian air terjunnya yang mini. Nama Air Terjun Lepo diambil dari letaknya yang berada di Desa Ledok Pokoh (disingkat: Lepo), lengkapnya di Padukuhan Pakis 2, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Untuk menuju air terjun ini, kalian dapat memarkirkan kendaraan di rumah warga/ tempat parkir yang telah tersedia. Selanjutnya dari tempat parkir, tinggal jalan beberapa meter meniti jalan setapak dan menuruni anak tangga. Jalan sudah dibangun dengan baik, di sekitar jalan menuju air terjun juga sudah terdapat warung-warung kecil yang nyaman untuk disinggahi.

Jalan ke Air Terjun Lepo

Jalan ke Air Terjun Lepo

tangga menuju Air Terjun Lepo

tangga menuju Air Terjun Lepo

warung di Air Terjun Lepo

warung di Air Terjun Lepo

Walaupun termasuk air terjun mini tetapi air terjun disini ada banyak, inilah yang menjadi karakteristik dari Air Terjun Lepo. Disini kalian dapat berenang ataupun berburu obyek fotografi. Setidaknya ada 3 tingkatan air terjun yang bisa dikunjungi di lokasi ini.

sepertinya ini tingkatan Air Terjun Lepo yang tertinggi

sepertinya ini tingkatan Air Terjun Lepo yang tertinggi

Air Terjun Lepo paling bawah

Air Terjun Lepo paling bawah

Tidak dikenakan biaya tiket masuk saat memasuki kawasan Air Terjun Lepo. Cukup dengan membayar biaya parkir Rp 2.000,-/motor dan sumbangan seikhlasnya kalian dapat menikmati air terjun yang ada di tengah pemukiman desa ini.

Tak jauh dari Air Terjun Lepo juga terdapat air terjun lain seperti Air Terjun Sri Tanjung. Bergeser ke Gunung Kidul ada juga Air Terjun Sri Gethuk. Selain itu, ada juga Air Terjun Jogan yang airnya langsung turun ke laut dan masih banyak lagi air terjun lainnya.

Setelah mengunjungi Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus di Imogiri, jangan sampai kelewatan mengunjungi Air Terjun Lepo sebagai destinasi wisata selanjutnya, ya.🙂

6 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    akuh g diajak.

  2. omnono Said:

    adoh ya..

    • amey Said:

      lumayan om.. setengah jam’an nek numpak motor lewat Imogiri😀

  3. […] Dari Bukit Bego ini, kalian dapat melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata di Imgogiri lainnya seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Becici, dan Air Terjun Lepo. […]

  4. […] Air Terjun Lepo juga berada searah dengan perjalanan ke Kebun Buah Mangunan. Air terjun yang terletak di tengah pemukiman penduduk ini menawarkan keindahan dan kesejukan alam yang menenangkan. Di tempat ini kalian dapat berenang, berburu obyek fotografi, dan bercengkerama dengan penduduk sekitar. […]


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: