Vandalisme yang Semakin Parah di Yogyakarta

Masih di malam yang sama saat ke Alun-Alun Selatan, saya berjalan kaki menuju Plengkung Gading untuk mengambil beberapa foto. Saat menaiki tangga terlihat beberapa orang sedang asyik berfoto-foto dan ngobrol santai bersama rombongan masing-masing.

Plengkung Gading

Plengkung Gading

Plengkung Gading atau yang pada jaman dahulu sempat disebut Plengkung Nirbaya merupakan bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh undang-undang. Plengkung sendiri merupakan pintu masuk ke area Kraton dan Plengkung Gading ini adalah pintu terdekat menuju Alun-Alun Selatan. Selain Plengkung Gading, salah satu plengkung yang cukup terkenal adalah Plengkung Wijilan karena letaknya yang strategis dan berada di kawasan kuliner gudeg yang cukup terkenal di Jogja.

Saat berjalan menaiki tangga yang ada di atas Plengkung Gading, tercium bau yang kurang sedap dan menusuk indra penciuman. Duh masa iya, ada orang yang dengan teganya pipis di atas bangunan cagar budaya ini. Ditambah lagi, saat melihat ukiran yang di atas Plengkung Gading terdapat coretan menggunakan pilok dengan penampakan seperti ini:

Vandalisme di Plengkung Gading

Vandalisme di Plengkung Gading

Kalau bangunan cagar budaya saja sudah berani di coret-coret, apalagi bangunan lain? Vandalisme rasanya sudah menjadi masalah serius yang harus ditangani dengan segera karena sudah sangat parah dan memprihatinkan. Terbukti dengan dicoretnya Underpass Jembatan Jombor yang belum diresmikan padahal sudah di desain sedemikian rupa agar tidak dicoret-coret. Selanjutnya, icon Pantai Parangtritis yang baru saja selesai dibangun juga tak luput dari aksi vandalisme.

sumber gambar: rahasianews.com

sumber gambar: rahasianews.com

sumber gambar: facebook.com/jogya

sumber gambar: facebook.com/jogya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: