Tips Mudah Menulis Perjalanan Travelingmu

Sering gak sih jalan-jalan traveling tapi jarang menuliskan diblog/ media online atau bahkan diary kalian. Sayang sekali gaes, kalau kamu sering jalan tapi jarang berbagi ceritamu ke pejalan lain. Sebenarnya selain berbagi cerita, tujuan menulis itu juga untuk mengingatkan kita pada tempat-tempat yang telah dipijak dan mengingatkan juga akan kejadian-kejadian yang telah terlewati.

Mungkin sebagian kalian gak punya waktu untuk menulis setelah traveling, giliran udah selo lupa tentang perjalanan yang ingin kamu tulis. Nah, biar gampang mengingat perjalanan yang telah kita lakukan ada baiknya kamu ikuti tips berikut ini:

  1. Tinggalkan Jejak Perjalanan
    Sering lupa dengan jalan yang telah ditempuh dan urutan tempat mana saja yang sudah dikunjungi? Kalau kamu ada koneksi internet, kamu bisa memanfaatkan aplikasi seperti foursquare, facebook, path, atau aplikasi-aplikasi checkin untuk meninggalkan jejak. Jadi, kalau kamu lupa dengan tempat-tempat yang telah kamu lewati untuk ditulis, tinggal buka aja aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut juga berfungsi memberi kabar keberadaanmu kepada teman, sahabat, ataupun keluarga. Kalau gak ada koneksi kamu bisa memanfaatkan selembar kertas dan bolpoint untuk menulisnya, simple kan?
  2. Simpan Tiket Perjalananmu
    Segala macam tiket seperti tiket transportasi, tiket masuk tempat wisata, pengeluaran makan, penginapan, dll bisa kamu simpan jika perlu. Hal ini untuk mendukung tulisan travelingmu, karena info-info seputar harga tiket masuk tempat wisata dan pengeluaran biaya selama traveling biasanya juga diperlukan oleh pembaca. Selain itu, juga akan memudahkan kamu untuk menghitung pengeluaran dan menyiapkan budget bila ingin mengulang pergi ke tempat yang sama.
  3. Ambil Foto Tempat yang Kamu Kunjungi
    Foto merupakan bukti sekaligus pendukung artikel perjalananmu. Beberapa orang memang terkadang malas mengambil foto selama perjalanan karena ingin lebih menikmati suasana. Tapi lebih baik lagi bila kamu meluangkan sedikit waktu untuk mengambil satu atau dua jepretan foto minimal sebagai kenang-kenangan.
  4. Berkenalan dengan Orang yang Kamu Temui
    Berkenalan dengan orang yang kamu temui selama traveling, kenapa enggak? Misal kalau pas lagi di penginapan, kamu bisa ngobrol sama pemilik penginapan dan minta kontak yang bisa dihubungi. Jadi kalau kamu akan menulis perjalananmu dan lupa dengan detail informasi seperti harga dan kondisi penginapan, tinggal tanyakan saja melalui telepon. Manfaat lain adalah misal kamu ingin menginap ditempat yang sama lagi, tinggal booking saja via telepon.

Segitu dulu sih tips dari saya. Gimana gaes, mudah kan?

Untuk saya sendiri, bonus saat menulis di media online seperti blog itu ketika dibaca oleh oranglain. Selain menambah visitor, juga akan menambah semangat untuk selalu menulis dan berbagi.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: