First Time Flight

Mungkin dari sekian banyak orang yang pertama kali naik pesawat terbang pasti ada yang bingung dengan alur saat memasuki di bandara (secara naik pesawat itu beda sama naik bis ataupun kereta api).

Waktu itu tepatnya Kamis, 15 Mei 2014 saya pergi ke Pekanbaru. Ini untuk pertama kalinya saya pergi sendiri, biaya sendiri, ke kota yang belum pernah saya datangi, menaiki pesawat untuk pertama kalinya. Lengkap sudah!

Dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta saya menaiki pesawat Tiger Mandala Air dengan harga tiket sekitar 900ribuan. Saya rasa ini penerbangan paling murah dan nyaman. Oke, sebelum cerita panjang lebar, saya mau kasih tau dulu alur saat masuk bandara. Gak tau udah banyak yang nulis atau belum. Saya sih Cuma pengen jadiin ini dokumentasi pribadi. Check this out!

  1. Saat memasuki bandara siapkan print2an tiket dan identitas resmi (SIM/KTP/Paspor atau apalah). Saat pengecekan di pintu masuk, kasih liat tiket dan identitas tadi ke petugas bandara.
  2. Setelah lolos melewati pintu masuk, tanya ke petugas dimana tempat check in. Check in ini wajib dilakukan setiap penumpang pesawat lho gaes. Antrilah bagian check in sesuai maskapai, disini petugas check in akan menukar print2an tiket dengan tiket asli.
  3. Setelah mendapat tiket asli pesawat, masuklah ke ruang tunggu. Kalau di Bandara Adi Sucipto sebelum masuk ruang tunggu kita hars membayar biaya tax. Apa itu biaya tax? Silahkan googling sendiri ya gaes!
  4. Setelah melewati pintu pembayaran tax, kita akan melewati pintu pengecekan. Disini semua barang yang kita bawa harus dilewatkan ke semacam mesin scan gak tau apalah sebutannya, seperti esclator. Kita tinggal masuk dan ambil barang-barang yang sudah melewati mesin pemeriksaan tadi.
  5. Selanjutnya tunggulah panggilan penerbangan di ruang tunggu. Dengarkan baik-baik panggilan saat sudah memasuki jam penerbangan misal pesawat dijadwalkan berangkat pukul 16.30, biasanya pukul 16.00 sudah diminta untuk memasuki pesawat.
  6. Saat ada panggilan penerbangan (penumpang dengan nomor penerbangan xxxx tujuan xxxx dipersilahkan menaiki pesawat *lupa bunyinya gimana pokoknya kurang lebih seperti itulah), segeralah menuju terminal keberangkatan di pintu pengecekan biasanya ada tulisannya. Jadi kalau gak denger bisa baca tulisannya di pintu tersebut.
  7. Siapkan tiket asli dan ktp untuk pemeriksaan di pintu keberangkatan. Setelah selesai diperiksa, langsung deh menuju ke pesawat. Di dalam pesawat carilah tempat duduk sesuai yang tertera di tiket pesawat.
  8. Letakkan barang bawaan diatas tempat kita duduk *klo belum penuh, klo udah penuh bisa cari tempat yang mash longgar, klo bingung minta bantuan aja ke mbak2 pramugari yang cantik2.
  9. Duduk dengan santai, jangan lupa berdoa, dan bersiaplah menikmati penerbangan.

Yak, itu tadi alur-alur saat memasuki bandara sampai menaiki pesawat.
Pas pertama kali naik pesawat rasanya emang agak pusing dan deg2an, kampoeng memang, hahaha… Perjalanan Jogja-Pekanbaru waktu itu memakan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit. Ini udah termasuk cepet banget.

Didalam pesawat saya cuma diem ngliatin orang2 yang bisa tidur nyenyak sampai ngorok juga, duh.. waktu itu cuaca juga cerah, dari jendela keliatan pesawat menembus awan..

Akhirnya, kita sampai di Bandara Syarif Kasim, Pekanbaru. Kata kak @tuanpembual bandaranya kecil. Saya pikir sih kecil seberapa ya? Perkiraan saya bandara sama kaya Bandara Adisucipto. Dan ternyata, setelah turun dari pesawat untuk menuju ke pintu kedatangan aja harus naik bis lho gaes. Kena tipu kakak nih… Bandara segede gitu dibilang kecil.

Sampai di pintu kedatangan pas setengah tujuh malem. Kayak bocah ilang, gak lama kemudian ketemu kakak trus sholat magrib plus jamak ma isya di mushola bandara. Yak, karena setelah itu kita masih harus jalan lagi sekitar 200 km naik motor ke Sungai Pakning.

Ini dulu critanya…

8 Comments »

  1. Tuan Pembual Said:

    duh, aku dikiro ngapusi.
    Oh ya masalah tax bandara,
    beberapa maskapai udah masukin tax ke dalam harga pesawat, contoh Garuda Indonesia dan Citilink.

    • amey Said:

      makasih boncengannya kak…๐Ÿ™‚
      Duh, aku awam.
      makasih tambahannya.
      mungkin kudu sering2 traveling kih.

  2. Hendro Unggul Sudibyo Said:

    terima kasih atas cerita dan informasi tentang alur memasuki bandara dan menaiki pesawat, saya awam dan belum pernah naik pesawat soalnya, jadi ada sedikit gambaran nanti ^^

    • amey Said:

      terima kasih atas kunjungannya, semoga membantu..๐Ÿ™‚

  3. Farhan Al Raid Said:

    Membantu sekali. Jadi punya bayangan. Senin, 2 Mei 2016 saya hg akan melakukan first flight… dari Adi Sucipto ke Ngurah Rai. Pertama, sendirian, belum pernah ke bali, ha ada yang menjemput, dll…

    • amey Said:

      terima kasih sudah mampir ke blog ini. Semoga perjalanan lancar & menyenangkan.

  4. santy dewi Said:

    makasih atas cerita pengalaman nya, duh tambah deg2an besok pagi 12 nov penerbangan pertama saya dari pekanbaru kejakarta sendirian.. huhuhu takut sebenar nya ๐Ÿ˜‚, bingung gimana klo sy nyasar ๐Ÿ˜ฉ

    • amey Said:

      gk perlu takut kak,
      byk petugas yg bisa dtanyain๐Ÿ™‚


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: