Aria2 VS Manager Klasik

Aria2 merupakan tool download manager karya Tatsuhiro Tsujikawa, tujikawa@users.sourceforge.net yang bisa berjalan di Windows, GNU/Linux dan Mac OSX. Aria2 datang dengan berbagai kemampuan, mampu support http(s), ftp, bittorrent dan metalink. Aria2 dapat mendownload file dari berbagai sumber menggunan berbagai protokol dan mempergunakan dengan maksimal bandwidth yang tersedia untuk download, sehingga benar-benar mempercepat pengalaman berdownload ria. Intinya dengan Aria2 transfer download dapat di-pause, di-resume dan disimpan.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini

Aria2 merupakan download manager yang mendukung “segmented” download yaitu suatu teknik yang memungkinkan mendownload file yang sama dari beberapa server pada waktu yang bersamaan. Aria2 juga support file metalink. Dengan jenis file metalink ini, end user dapat menentukan untuk tiap file yang akan didownload dari satu atau lebih mirror. Dengan menambahkan beberapa source ke tiap-tiap file, aria2 dapat memilih mirror tercepat untuk user dan kembali ke server lain jika terjadi error pada salah satu server mirror tersebut.

Dengan download manager klasik semacam curl hal ini tidak ditemukan, end user harus menentukan mirror tujuan favorit tetapi beberapa masalah dapat terjadi yaitu:
* Mirror yang digunakan sedang “down”.
* Mirror yang lambat karena padatnya trafik dijaringan mirror.

Dengan menggunakan aria2, masalah tersebut dapat diatasi karena :
* Jika mirror down atau “out of sync”, aria2 secara otomatis akan memilih server terbaik berikutnya untuk user.
* Tiap mirror di test, dan statistik dilaporkan untuk mendapatkan mirror yang performansinya bagus untuk download berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: