Temporal Database

Pengenalan Database Temporal:
Database temporal merupakan database non-relational yang terintegrasi dengan aspek waktu, misalnya model data temporal dan versi temporal dari bahasa query terstruktur.
Lebih spesifik lagi aspek temporalnya biasa sudah termasuk waktu yang valid dan waktu transaksi. Atribut-atribut ini muncul bersamaan pada form data bitemporal.
Waktu yang valid ditunjukkan dengan periode waktu kejadian yang sama dengan waktu pada dunia sebenarnya
Waktu transaksi adalah periode waktu saat menyimpan suatu kejadian ke database
Data bitemporal mengkombinasikan waktu valid dan waktu transaksi
Keterangan: kedua periode waktu tidak harus sama untuk suatu kejadian yang sama. Misalkan kita menyimpan databse pada database temporal pada abad ke 18. Waktu yang valid adalah diantara 1701 dan 1800. Sedangkan waktu transaksi dihitung pada saat kita memasukan suatu kejadian ke dalam databse, contoh 21 Januari 1998.

Mengapa Kita Butuh Database Temporal:
Sejak dua decade terakhir, model data relational sudah menjadi sangat popular karena simpel dan memiliki fondasi matematis yang solid. Namun, model data relational seperti yang dikatakan Codd[Cod70] tidak menyimpan address dari dimensi temporal suatu data. Data yang seharusnya dibedakan dari waktunya tetap diperlakukan sama dengan data lainnya. Hal ini tidak memenuhi aplikasi yang harus membedakan nilai data pada waktu lampau, saat ini, dan/atau data pada masa depan—padahal dikehidupan nyata kita akan sering berurusan dengan data seperti ini. Kenyataannya, kebanyakan aplikasi membutuhkan data temporal untuk keperluan tertentu.

Tujuan Utama dari Database Temporal:

Mengidentifikasi tipe data yang cocok dengan waktu
Mencegah hilang/berubahnya deskripsi suatu objek tertentu
Menyediakan aljabar query untuk mengatasi data temporal
Tetap compatible dengan database lama yang tidak menggunakan data temporal

Apa yang Dapat Kita Lakukan dengan Database Temporal:
Mudah dalam mengerjakan data temporal
Merecord setiap perubahan data dengan baik sekali
Setiap pendeskripsian objek dapat didefinisikan tanpa ada perubahan yang tidak diinginkan
Memiliki model relational untuk mendeskripsikan data temporal
Memiliki aljabar query untuk mengatasi data temporal
Tetap mampu mengatasi data static (tanpa dimensi waktu) pada database temporal
Aljabar database yang lama tetap dapat berjalan di database temporal
Aljabar query yang baru untuk mengkontrol dimensi waktu mirip dengan aljabar database yang lama

Solusi lain tentang Database Temporal:
Menambahkan waktu valid
Menambahkan waktu transaksi
Menambahkan kedua hal di atas
Pendekatan lainnya

Beberapa tipe bisnis yang dapat mendapat keuntungan lebih dengan bantuan database temporal.
Data Warehouse
Data warehouse atau pergudangan data bukan merupakan bisnis per se (bukan bisnis itu sendiri, tapi mengambil dari bisnis lain). Data warehouse ini merupakan usaha yang sangat luas, yaitu bisnis yang diperuntukan menyimpan seluruh informasi dari beberapa perusahaan. Data warehouse terbukti sangat berguna sebagai tempat penyimpanan informasi yang dikumpulkan dengan tools data mining dan digunakan untuk sumber informasi. Seperti yang sudah kita ketahui, elemen waktu sangat penting untuk berbagai bisnis, dan dalam sebuah data warehouse dimensi waktu dapat disimpan dan digunakan dalam peng query an data. Sebenarnya apa yang data warehouse lakukan dengan adanya database temporal? Menurut Ralph Kimball, setiap data warehouse memiliki dimensi waktu yang membuat setiap data warehouse menjadi database warehouse [Kimball 1997],[Snodgrass 1998].”Dimensi waktu adalah unik dan merupakan dimensi yang kuat dalam setiap kumpulan data dan usaha data warehouse”[Kimball 1997].

Laboratorium Ilmiah
Jenis bisnis yang kedua adalah lab ilmiah (scientific laboratory). Setiap lab tentu melakukan banyak uji coba dan banyak versi untuk percobaan yang sama, dan setiap percobaan sering kali melibatkan urutan waktu yang sangat teliti. Agar informasinya tidak ada yang hilang, tentunya harus disimpan dalam sebuah database. Karena elemen waktu di test ini jelas tidak bisa dihilangkan, sehingga informasi yang disimpan di sini harus disimpan dalam database temporal. Satu keuntungan dalam menyimpan informasi ujicoba ilmiah pada temporal database yang mendukung bahasa query temporal adalah, sebuah pola baru dan pengetahuan baru dapat digali dari basis data [Loomis 1997].

Sales dan Marketing
Kedua bisnis ini sangat berkantung pada temporal database, karena keberhasilan sales dan marketing sangat bergantung pada waktu yang tepat. Waktu untuk pendekatan dengan pelanggan dan kapan untuk mengiklankan di lokasi tertentu sangat diperlukan, dan kemampuan untuk meramalkan informasi ini jauh lebih baik disediakan database temporal daripada database klasik biasa.

Multimedia
Jenis bisnis yang terakhir adalah multimedia. Multimedia merupakan salah satu area bisnis yang paling cepat berkembang saat ini, terutama melalui jalus internet. Seseorang saat ini dengan mudah menonton film dari internet, dimana gambar video tersebut sudah tersimpan di database multimedia yang harus disinkronisasikan dengan data audio yang mungkin berada di database yang sama atau berbeda. Pengsinkronisasian ini, seperti kata tersebut sendiri, jelas melibatkan elemen waktu. “Karen multimedia berbasis waktu, sinkronisasi sangat di butuhkan. Jika diimplementasikan dengan baik, maka komponen-komponen media tersebut akan ditampilkan dengan ketepatan dari sinkronisasi yang baik[David]”. “Objek-objek multimedia memiliki relasi dan ruang temporary yang harus dijaga saat ditampilkan beberapa data memiliki batasan waktu nyata (real time) saat menyampaian ke stasiun clien[Ozsu]”. Karena itu, database untuk multimedia, seperti data warehouse, merupakan instance dari database temporal juga.

Sumber:
http://www.dbdebunk.com/page/page/2317382.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Temporal_database

1 Comment »

  1. bc Said:

    bagus kakak…..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s