Penggunaan Google dalam Literacy Informations

Sekarang ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Adanya Hp yang dilengkapi fitur GPRS, fasilitas wifi yang tersedia di tempat-tempat umum, dan koneksi internet yang ada memberikan kemudahan pada setiap orang untuk mencari, mendapatkan, dan menyebarkan informasi yang dibutuhkan dimana saja dan kapan saja. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa informasi merupakan suatu kebutuhan yang bersifat mutlak.
Saat ini, proses komunikasi dan penyebaran informasi berlangsung dengan cepat. Keadaan ini menuntut setiap individu untuk dapat menguasai perkembangan teknologi dan komunikasi, seperti penggunaan computer dan internet. Dengan adanya koneksi internet, kita dapat mencari dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan serta menyebarkan suatu informasi. Dalam pencarian suatu informasi melalui internet kita dapat menggunakan search engine.
Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Search Engine / Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik biasanya berisikan frase atau kata yang kita inginkan dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Beberapa contoh search engine yaitu sebagai berikut Google (www.google.com), Yahoo (www.yahoo.com), Altavista (www.altavista.com), Lycos (www.lycos.com), Snap (www.snap.com), dll. Search engine terpopuler saat ini adalah Google.
Penggunaan google dalam pencarian informasi dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan membuka Mozila / Internet Explorer, kemudian ketik http://www.google.com, lalu tekan enter.
Untuk mencari informasi yang kita butuhkan cukup ketik keyword (kata kunci) saja kemudian tekan enter, maka akan keluar banyak pilihan artikel. Tinggal pilih saja informasi mana yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
Pencarian informasi menggunakan search engine Google biasa disebut Googling. Tips Googling:
1. Gunakanlah keyword yg ditulis jelas.
2. Gunakan keyword spesifik.
3. Secara teori, semakin banyak kata yang dimasukkan maka semakin besar potensi pencarian membuahkan hasil yg diinginkan. Walau bukan jaminan 100 persen, penggunaan banyak keyword akan mensukseskan pencarian.
4. Untuk pencarian berdasar frase, gunakan tanda kutip (”keyword pencarian”). Dengan menggunakan tanda kutip, kita bisa semakin mempersempit hasil pencarian frase.
Selain digunakan untuk pencarian informasi, Google juga dapat digunakan untuk mempublikasikan informasi. Kita dapat mempublikasikan suatu informasi lewat blog. Blog adalah sarana efektif yang dapat digunakan untuk menuangkan suatu informasi. Supaya suatu blog dapat teridentifikasi oleh Google terlebih dahulu kita harus mendaftarkan blog tersebut ke google, yaitu dengan cara mengunjungi http://www.google.com/addurl/, lalu isi form yang telah disediakan. Setelah melakukan pendaftaran ke Google, maka tidak langsung blog tersebut terindeks pada mesin pencari, akan tetapi memerlukan 3 sampai 4 minggu baru blog bisa terindeks. Jika sudah 3 sampai 4 minggu, maka coba ketik alamat blog tersebut pada mesin pencari google.
Saat ini google telah dilengkapi dengan fitur geolocation melalui Gears dan Mobile Safari yang mendukung GPS di iPhone.
Geolocation merupakan suatu identifikasi lokasi geografis dari dunia nyata yang berasal dari sambungan computer, handphone, pengunjung website, dan yang lainnya. Geolocation juga dapat digunakan untuk mengakses lokasi, untuk navigasi dan system informasi geografis, ataupun dalam GPS atau GIS untuk keperluan navigasi, mapping, tracking, dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: