Join

Join
Join merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan relasi yang terjadi antara satu tabel dengan tabel lainnya. Untuk menghubungkan satu tabel dengan tabel lainnya (merelasikan tabel) harus terdapat suatu field pada tabel yang berfungsi sebagai foreign key. Dengan foreign key inilah kemudian suatu tabel berelasi dengan tabel yang lain. Tabel yang memiliki foreign key kemudian dikenal dengan child table, sedangkan tabel tempat referensi foreign key dikenal dengan parent table.

Dalam menerapkan Join, pada query harus terdapat syarat relasi dengan menggunakan klausa where. Syarat yang disertakan mengandung kolom foreign key pada child dan referensinya pada parent. Untuk menghindari kerancuan query, maka nama tabel harus disebutkan sebelum nama field sehingga oracle dapat menentukan hasil query secara benar.

Berikut ini sintaks penulisan join pada SQL Plus :
select nama_tabel1.nama_kolom[,…] from nama_tabel1[,…] where nama_tabel1.nama_kolom=nama_tabel2.nama_kolom[and|or…];

Nama Alias Tabel
Dengan menggunakan Join, maka programmer bisa menghubungkan beberapa tabel dalam jumlah yang banyak. Dalam menghubungkan antar tabel dia harus menyebutkan nama setiap tabel pada syarat relasinya. Hal ini akan banyak menyita waktu dan tenaga. Oleh karena itu, oracle menyediakan kemampuan untuk membuat alias pada suatu tabel. Alias merupakan karakter/kata yang digunakan untuk menyingkat nama tabel sehingga memudahkan pekerjaan programmer.
Berikut ini sintaks penulisan alias :
select alias1.nama_kolom,alias2.nama_kolom[,…]
from nama_tabel1 alias1,nama_tabel2 alias2[,…]
where alias1.nama_kolom=alias2.nama_kolom[and|or…];

Outer Join
Pada perintah select untuk join diatas, data akan ditampilkan apabila pada kedua tabel yang membentuk hubungan parent dan child terdapat data yang sama dengan syarat. Apabila tabel parent tidak mempunyai data yang sama pada tabel child sebagai syaratnya maka data parent tidak akan ditampilkan. Model join seperti ini dikenal dengan Inner Join. Agar data parent tetap ditampilkan meskipun pada child tidak terdapat data tersebut maka kita bisa menggunakan outer join. Sedangkan kemungkinan data child tidak memiliki parent terjadi apabila relasi yang dibentuk tidak disertai dengan deklarasi constraint foreign key.
Berikut ini sintaks penggunaan foreign key :

Select * from nama_tabel_parent,nama_tabel_child where nama_tabel_parent.nama_kolom=nama_tabel_child.nama_kolom(+);
select * from nama_tabel_parent,nama_tabel_child where nama_tabel_parent.nama_kolom(+)=nama_tabel_child.nama_kolom;

2 Comments »

  1. Hania Said:

    wah makasih buat sharenya..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s